Tingkatkan Produktivitas Lahan Pertanian, Babinsa Tumpeng Dampingi Petani Pemanfaatan Pompanisasi

Rabu 07-08-2024,21:09 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Ferry Ardi Setiawan

LUMAJANG, MEMORANDUM - Babinsa Tumpeng Koramil 0821/09 Candipuro Sertu Antok Sujarwo melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka pemanfaatan mesin pompa air untuk menunjang produktivitas lahan Kelompok Tani Sinar Tani di Dusun Krajan, RT 002/RW 002, Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu 7 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Polres Pasuruan Raih Peringkat 2 dalam Penilaian Kinerja Siap Semeru Juni 2024

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah tersebut, khususnya pada lahan seluas 1,2 hektare milik Sudarmo anggota Kelompok Tani Sinar Tani.

BACA JUGA:Dukung HUT Ke-79 RI di IKN, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Layani Pengiriman 70 Bus ke Balikpapan

Dalam kesempatan itu, Sertu Antok Sujarwo mengatakan, bahwa pemanfaatan mesin pompa air tersebut menggantikan sistem irigasi yang kurang memadai, tidak berjalan atau bahkan untuk lahan pertanian dengan pasokan air yang minim.

BACA JUGA:Komplotan Bandit Motor Nyaris Dimassa di Manukan Dalam

"Proses ini menggantikan sistem irigasi yang memadai atau bahkan untuk percepatan pengairan lahan pertanian yang irigasinya lebih tinggi dari lahan, atau pasokan air untuk kebutuhan persiapan tanam yang minim," kata Sertu Antok Sujarwo.

BACA JUGA:Komplotan Begal Pembacok Sejoli Pernah Rampas Motor Pasutri di Dupak Rukun

Ketua Kelompok Tani Sinar Tani, Nanang Kosim, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sertu Antok Sujarwo dan pihak Koramil 0821/09 Candipuro yang telah memberikan pendampingan dan bantuan yang sangat berarti. 

BACA JUGA:Respatti Gagalkan Tawuran Gangster Spontan Surabaya

"Kami sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari babinsa. Mesin pompa air ini sangat penting untuk memastikan tanaman padi kami mendapatkan cukup air, terutama di musim kemarau seperti sekarang," ujar Nanang.

BACA JUGA:Kampoeng Roti Jalan Dukuh Kupang Dibobol Maling, Aneh Pelaku Tak Ambil Uang Tunai

Dengan berjalannya program Hanpangan, diharapkan Desa Tumpeng dan sekitarnya dapat terus berkembang menjadi wilayah pertanian yang produktif dan sejahtera, serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Candipuro. (*)

Kategori :