Tak Ada Lagi Tambal Sulam, Wali Kota Pilih Pengaspalan Overlay Agar Jalan di Surabaya Lebih Mulus

Selasa 06-08-2024,18:56 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sidak persiapan pengerjaan overlay (pengaspalan) dan box culvert di kawasan Jalan Ahmad Yani, Selasa 6 Agustus 2024, pagi. Pengerjaan overlay untuk memperbaiki kualitas jalan.

BACA JUGA:Sidang Dugaan Pemotongan Insentif ASN, Tiap Awal Bulan, Driver Bupati Ingatkan Kepala BPPD Sidoarjo

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, selama masa kepemimpinannya, paradigma perbaikan jalan diubah. Sebelumnya, jalan berlubang hanya ditambal pada bagian yang berlubang saja. Akibatnya, jalan memang tidak lagi berlubang tapi hasilnya tidak rata. Masyarakat pengguna jalan banyak yang mengeluhkan jalan tidak nyaman. Bergelombang dan tidak mulus saat dilalui. 

BACA JUGA:7 Kapolsek di Surabaya Dimutasi, Siapa Saja?

Namun, pada tiga tahun terakhir ini, proses perbaikan jalan tidak lagi ditambal. Tapi dilakukan overlay. Jalan berlubang dikeruk terlebih dahulu dengan panjang segmen tertentu. Lalu dilakukan lapis perkerasan tambahan yang dipasang di atas konstruksi perkerasan jalan yang ada. Tujuannya, untuk meningkatkan kekuatan struktur. Baru setelah itu dilakukan pengaspalan. 

BACA JUGA:AKBP Aris Purwanto Jabat Kasatreskrim Polrestabes Surabaya

Hasilnya, jalan lebih mulus karena tidak ada selisih ketinggian. Warga lebih nyaman saat melintasinya. Kualitas infrastruktur jalan yang berkualitas akan mampu menopang mobilitas warga. 

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, jalan raya yang mulus membuat masyarakat Surabaya lebih aman berkendara, terhindar dari risiko kecelakaan akibat jalan berlubang. Aliran lalu lintas pun lebih lancar. Mengurangi kemacetan dan waktu perjalanan. Transportasi pun jadi lebih efisien, baik untuk barang maupun penumpang, yang berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian. 

BACA JUGA:Dikejar-kejar Kreditur Bayar Utang, Juliani Kehilangan Ayah dan Suami

"Sudah 20 tahun lebih pengerjaan aspal di Surabaya ini hanya tambal sulam, hari ini akan diaspal secara menyeluruh. Dari pintu masuk Surabaya Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Indrapura, nanti juga akan memutar pengerjaannya ke Jalan Kramat Gantung, Grahadi dan Panglima Sudirman. Beberapa sudah dikerjakan tahun kemarin, seperti Jalan Darmo dan sekitarnya," jelas Wali Kota Eri.

Wali Kota Eri mengakui, tak sedikit jalan-jalan tersebut yang bukan merupakan jalan milik Pemkot. 

BACA JUGA:Mayat Dibakar, Dibuang ke Parit

"Sebenarnya ini jalan nasional. Tapi, kalau ada kemacetan atau kecelakaan juga akan jadi tanggungjawab kita. Makannya, saya izin ke pemerintah pusat untuk melakukan pengaspalan dan mereka menyambut baik," katanya.

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan, pengaspalan akan dilakukan mulai Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Indrapura. Meski demikian, ada beberapa jalan seperti Jalan Panglima Sudirman, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Darmo yang sudah dilakukan pengaspalan tahun kemarin sehingga akan melanjutkan yang belum teraspal. 

“Kita targetkan rampung semua pada 2026-2027,” katanya.

Kategori :