Di Hadapan Dahlan Iskan, Bupati Arifin Tawarkan Investasi ke Trenggalek

Minggu 28-07-2024,15:10 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Fatkhul Aziz

TRENGGALEK, MEMORANDUM - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menawarkan kepada para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi memajukan Kabupaten Trenggalek. Tawaran investasi ini, disampaikan langsung dihadapan sejumlah pengusaha yang usai mengikuti Senam Dahlan Iskan (SDI), Minggu 28 Juli 2024.

Mochamad Nur Arifin menyampaikan, kehidupan warga Trenggalek sangat tergantung pada alam. Dimana struktur PDRB Trenggalek snagat tergantung pada sektor pertanian.  “Ada setor pertanian, sektor kehutanan, sektor ketahanan pangan, sektor kelautan. Sektor tertinggi kedua adalah industri,” sebut Mochamad Nur Arifin.

Indutri yang ada di Trenggalek adalah hilirisasi dari UMKM dan sektor industri kecil yang mencapai 99 persen. Seperti industri pengolahan ikan, industri pengolahan kedela, menjadi keripik tempe, menjadi sektor olahan tempe. Berikutnya urutan kedua terbesar adalah sektor akokodasi, jasa perhotelan.

“Akomodasi untuk menopang sektor pariwisata,” sebut Arifin.

BACA JUGA:Kunjungi Pendopo Trenggalek, Peserta SDI Senam Bersama Bupati Arifin

Pertemuan ini juga dihadiri Sekda Kabupaten Trenggalek, kepala OPD. “Sehingga yen wong Ngalek mau dapat rejeki. Maka harus baik-baik dengan alamnya,” sebut dia.

Maka gagasan Arifin, bahwa sektor ekonomi Trenggalek bisa dibangun bersama jika ekologi dan ekonomi bisa berjalan bersama. “Jadi harus baik secara ekonomi, juga baik secara ekologi juga,” tegas Arifin.

 Sementara itu, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebutkan, di wilayah Trenggalek dengan wilayah lainnya, seperti Kediri, Magetan masih ada disparitas wilayah. 

Dahlan Iskan mengingatkan saat ini, waktunya investasi ke Trenggalek. Bahwa potensi pantai selatan harus dimaksimalkan. Dahlan mencontohkan pantai Pangendaran yang menjadi contoh buruk dalam penggelolaan tempat wisata.  Padahal wisatawan di Pangandaraan butuh tempat menginap yang baik. 

BACA JUGA:Gandeng Pemkab, Kantah Kabupaten Trenggalek Percepat Upaya Legalisasi Hak Atas Tanah

Hadir dalam pertemuan itu, Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta. Sebelumnya Bupati Mochamad Nur Arifin, bersama Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, Dahlan Iskan, Khoirul Shodiq, dan ratusan peserta Senam Dahlan Iskan (SDI) menggelar senam di Pendopo Kabupaten Trenggalek. (day)

Kategori :