Mengenal Lebih Dekat Pura Mandhara Giri Semeru Agung di Lumajang

Rabu 24-07-2024,13:49 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Fatkhul Aziz

LUMAJANG, MEMORANDUM - Pura Mandhara Giri Semeru Agung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu yang dituakan di Indonesia. Tempat ini juga tidak pernah sepi dari aktivitas keagamaan umat Hindu. Apalagi saat bertepatan dengan Piodalan yang baru-baru ini digelar. 

Bukan hanya dari Lumajang, masyarakat umat Hindu dari Pulau Dewata pun juga ikut merayakan hari jadi tempat suci Pura Mandara Giri Semeru Agung yang telah berdiri sejak 1992.

Nah, bagi masyarakat yang ingin menambah wawasan dan mengetahui lebih dalam mengenai Pura Mandhara Giri Semeru Agung. Komunitas Aesthetic Squad Lumajang akan menggelar kegiatan bertajuk Explore Piodalan #2 pada Kamis 25 Juli 2024 besok. 

Salah satu panitia acara, Rahmat Arif Triantono mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan potensi kebudayaan kepada masyarakat, terutama generasi muda.

BACA JUGA:Dandim 0821 Kunjungi Pura Mandhara Giri Semeru Agung 

"Tujuannya, agar anak-anak muda bisa mengetahui tentang budaya dan potensi lokal yang ada di Lumajang," ungkapnya saat dikonfirmasi di lokasi Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Rabu 24 Juli 2024. 

Explore Piodalan #2 ini bakalan diselenggaran di Pure Mandhara Giri Semeru Agung. Acara akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. 

Selain itu, acara tersebut juga akan diisi dengan pertujukan pagelaran seni mahasiswa Chandarwa Singaraja, Bali serta explore dan sharing tentang Pura Mandhara Giri Semeru Agung. 

"Jadi ada tiga narasumber, yang pertama itu dari pure sendiri, kemudian yang ke dua yang mengerti sejarah purenya, dan yang ke tiga dari Bali," ujarnya. 

Arif berharap, dengan terselenggaranya acara tersebut, dapat memberikan pengetahuan dan wawasan sekaligus menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap potensi kebudayaan yang ada di Lumajang.

"Harapannya generasi muda Lumajang nantinya dapat mengetahui tentang potensi lokalnya, sekaligus menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap kebudayaan yang ada di Lumajang, kalau udah cinta kan akan menyangi, jadi semuanya akan saling menjaga dan ekosistem menjadi lebih baik," harapnya.(Ags)

Kategori :