Mini Job Fair, Pj Wali Kota Wahyu Hidayat Yakin Angka Pengangguran Menurun

Jumat 19-07-2024,06:07 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Muhammad Ridho

MALANG, MEMORANDUM - Mengikis angka pengangguran terbuka, PJ Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengapresiasi gelaran ‘Mini Job Fair 2024’ di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Malang, Kamis 18 Juli 2024.

Even yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DTK-PMPTSP) Kota Malang ini diikuti sebanyak 17 perusahaan di wilayah Malang Raya.

BACA JUGA:Pesan Dandim 0833/Kota Malang Saat Buka Job Fair SMK Kartika

BACA JUGA: Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Pj Wali Kota Malang Dorong UMKM Naik Kelas

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengatakan event job fair sangat diperlukan untuk memberikan kesempatan untuk para pencari pekerjaan, utamanya bagi lulusan SMA/ SMK/ MA sederajat.

“Sebagian besar pengangguran ini lulusan SMA, SMK MA sederajat. Job fair ini salah satu upaya solusi untuk mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan,” katanya.

Dengan berbagai program, angka pengangguran terbuka di Kota Malang mengalami penurunan yang menggembirakan.

“Tingkat pengangguran terbuka menurun dan angkatan kerja mengalami kenaikan,” terangnya.

Upaya lain menurunkan angka pengangguran adalah dengan mendorong UMKM naik kelas dan memiliki daya saing. Ini tentunya akan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak sehingga dapat menurunkan angka pengangguran terbuka.

Wahyu menyebutkan telah memiliki berbagai senario untuk menurunkan angka pengangguran terbuka, mengikir angka kemiskinan dan juga meningkatkan daya saing UMKM. Ini salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian di Kota Malang dabn juga nilai investasi yang mengalami peningkatan hingga 100 persen lebih.

BACA JUGA:Disnaker PMPTSP Kota Malang Tekan Angka Pengangguran

BACA JUGA:Tekan Pengangguran, Wali Kota Malang Sinergi dengan Perguruan Tinggi

Sementara itu, Kepala DTK-PMPTSP Arif Tri Sastyawan menyampaikan job fair ini dilakukan secara online dan offline dengan jumlah lowongan sebanyak 300 bidang pekerjaan.

“Antusias pelamar luar biasa, lamaran melalui online sebanyak 600 pelamar, dan untuk lamaran offline juga banyak pelamarnya,” ujarnya.

Mini job fair ini untuk memudahkan pertemuan secara langsung antara pencari pekerjaan dengan pemberi pekerjaan. Pelamar dapat langsung mengajukan lamaran dan selanjutnya mengikuti tahapan seleksi. 

Kategori :