Selamat Bertugas di Tulungagung AKBP Taat Resdianto, Perwira Cendekia yang Gemar Menulis

Kamis 18-07-2024,12:24 WIB
Reporter : Biro Tulungagung
Editor : Fatkhul Aziz

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Pucuk pimpinan Polres Tulungagung telah berganti. Mulai Rabu 17 Juli 2024, AKBP Muhammad Taat Resdianto, SH, SIK, M.T.C.P. resmi menjabat sebagai Kapolres Tulungagung, menggantikan pejabat sebelumnya AKBP Teuku Arsya Khadafi, SH, SIK, M.Si.

Perwira menengah lulusan Akpol tahun 2005 ini memiliki deretan prestasi mentereng sebagai seorang Polisi.

Dirangkum dari berbagai sumber, AKBP Muhammad Taat Resdianto, SH, SIK, M.T.C.P. merupakan perwira polisi kelahiran Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, 40 tahun silam.

Setelah mengenyam pendidikan dasar hingga menengah di kampung halaman, Taat remaja memilih peruntungannya dengan menembus SMA Taruna Nusantara Magelang pada tahun 2002. Kemudian dilanjutkan menempuh pendidikan AKPOL sampai tahun 2005.

BACA JUGA:Sah, Kapolda Jatim Lantik Kapolres Tulungagung Baru

Polda Metro Jaya menjadi lokasi pertamanya mengabdikan diri melalui Polri. Namun keinginannya untuk terus belajar tidak pernah berhenti. Tahun 2008, Taat Resdianto berhasil meraih gelar sarjana hukum di Jakarta. Selanjutnya pada 2011 mengikuti pendidikan S-2 Master of Transnational Crime Prevention di University of Wollongong, New South Wales, Australia, dengan beasiswa penuh dari Pemerintah Federal Australia melalui program Australian Development Scholarship.

Tiga tahun berselang, penyuka fotografi dan penggemar Lionel Messi ini meraih gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK) dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian sebagai peraih nilai IPK tertinggi dengan predikat cum laude, sekaligus sebagai lulusan terbaik bidang akademik konsentrasi Hukum Kepolisian dan mendapatkan penghargaan Wiyata Cendekia dari Kapolri Jenderal Pol. Drs. Sutarman.

Sejumlah pendidikan kejuruan dan kursus juga diikuti oleh Taat. Salah satunya, pada tahun 2014 mengikuti Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Inspektur Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas di Pusdik Lantas Polri Serpong, dan mendapatkan penghargaan sebagai Peserta Terbaik I sekaligus Peserta Cendekia.

Setelah mengabdi di lingkup Polda Metro Jaya, Taat melanjutkan karirnya dengan menjabat sebagai Kapolsek Pagedangan, Polres Kota Tangerang, sekaligus sebagai Kapolsek termuda di jajaran Polda Metro Jaya saat itu.

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung dan Enam Anggotanya Terima Penghargaan Kapolda Jawa Timur

Usai menempuh pendidikan di STIK - PTIK tahun 2014, Taat mendapatkan tugas baru di Lingkup Polda Jawa Tengah. Karirnya terus menanjak sampai menempati jabatan sebagai Kanit I Subdit I Dittideksus Bareskrim Polri. Hingga kemudian pada pertengahan Juli 2024 ini, dilantik menjadi Kapolres Tulungagung di Polda Jawa Timur.

Selain menyukai fotografi, Taat juga menseriusi hobi menulis. Hal ini nampak dari sejumlah tulisan yang diterbitkan dalam wujud buku maupun tulisannya tentang Polri dan hal lain yang menarik perhatiannya.

Kehadiran AKBP Muhamad Taat Resdianto di Kota Marmer memberikan harapan bagi masyarakat Tulungagung.

Seperti disampaikan oleh Kabiro Memorandum Tulungagung, Ahmad Rifai pada Kamis 18 Juli 2024.

BACA JUGA: Kapolres Tulungagung Siapkan Sanksi Tegas terhadap Penyalahgunaan Sabu

Kategori :