Buka Rakor Dukungan Manajemen 2024, Sekjen Kemenkumham: Hasil Harus Bisa Berdampak

Rabu 17-07-2024,12:36 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Fatkhul Aziz

JAKARTA, MEMORANDUM - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Dukungan Program Manajemen untuk tahun 2024 yang dilaksanakan pada Ballroom Hotel Grand Mercure Jakarta, Selasa, 16 Juli 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham R.I, Andap Budhi Revianto yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Unit Eselon I Kemenkumham dan 33 Kantor Wilayah.

Hadir Langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Hendro Tri Prasetyo didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Muhammad Akram dan Kepala Bagian Program dan Humas, La Margono.

Dalam sambutannya, Andap menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar unit kerja untuk mencapai target kinerja yang optimal. Ia juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian tahun sebelumnya dan mendorong inovasi serta peningkatan kualitas pelayanan publik di tahun mendatang.

BACA JUGA:Sekjen Kemenkumham Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Unesa

"Kegiatan rapat koordinasi ini harus dimanfaatkan dengan sebaiknya-baiknya, peserta harus dapat memberikan dampak dengan menyampaikan daftar inventarisasi permasalahan yang ada di Wilayah sehingga output dari rapat koordinasi dapat diimplementasikan di wilayah dengan baik," ujarnya membuka kegiatan.

Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya dan menyusun strategi serta rencana aksi untuk tahun 2024. Fokus utama adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas program-program yang mendukung tugas dan fungsi Kemenkumham.

"Sebagai pimpinan di wilayah kepala Kantor wilayah bersama dengan Kepala Divisi administrasi harus selalu rajin memonitor kinerja jajarannya," imbau Andap.

Kegiatan ini juga menyoroti pentingnya pengendalian internal dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program-program Kemenkumham dengan mengangkat tema "Optimalisasi Peran Dukungan Manajemen Yang Semakin Pasti Dan Berdampak".

BACA JUGA:Sekjen Kemenkumham Ingatkan ASN Tidak Tambah Jatah Libur Lebaran

Sebelumnya Kegiatan di awali dengan Arahan Ketua Steering Committee yang juga Kepala Badan Strategi dan Kebijakan (BSK) Kemenkumham, Y Ambeg Paramarta 

"Beberapa indikator penting yang dievaluasi termasuk tingkat capaian sistem kerja untuk penyederhanaan birokrasi, tingkat kepatuhan standar pelayanan publik, indeks pelayanan publik, serta nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)," urai Ambeg.

Selain itu, rapat juga membahas capaian kinerja berdasarkan rekapitulasi penilaian Rencana Aksi (Renaksi) bidang administrasi tahun 2024 di 33 Kantor Wilayah. Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Maluku memperoleh nilai sempurna 100 dalam penilaian ini.

Hal ini sejalan dengan Target Kakanwil Kemenkumham Maluku, Hendro Tri Prasetyo dalam berbagai kesempatan yang menargetkan Kanwil Maluku menjadi pionir dan unit teknis percontohan di wilayah Indonesia Timur. 

BACA JUGA:Sekjen Kemenkumham RI Apresiasi Kemenkumham Jatim

Kategori :