Lampaui Rekor Pele, Yamal Sebut Bawa Spanyol Juara adalah Kado Ulang Tahun Terindah

Senin 15-07-2024,12:57 WIB
Reporter : Eko Yudiono
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM-Penyerang Spanyol Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final Piala Dunia FIFA atau Kejuaraan Eropa UEFA pada hari Minggu melawan Inggris, melampaui rekor yang dibuat oleh legenda Brasil Pele pada 1958.

Yamal berusia 17 tahun pada hari Sabtu dan pemain Barcelona merayakannya dengan membantu gol pertama untuk membantu negaranya mengalahkan Inggris 2-1 saat Spanyol memenangkan Euro untuk memecahkan rekor keempat kalinya, unggul satu kali dari Jerman.

Atas prestasinya, pemain yang ketika masih bayi dimandikan Lionel Messi ini menjadi pemain muda terbaik di turnamen.

BACA JUGA:Viral Dimandikan dan Digendong Messi, Yamal Sebut Foto Itu Disimpan Ayahnya hingga Euro 2024

Ini adalah mimpi dan saya tidak sabar untuk kembali ke Spanyol dan merayakannya,” kata Yamal kepada TVE seperti dilansir ESPN. 

“Ini adalah hadiah ulang tahun terbaik yang bisa saya terima. Sekarang saya ingin pergi dan merayakannya bersama keluarga saya,” ungkapnya.

"Setelah mereka menyamakan kedudukan, mereka banyak menekan. Tapi saya tidak tahu tim ini terbuat dari apa, tapi kami selalu bisa bangkit,” bebernya.

Yamal menyelesaikan turnamen dengan satu gol dan empat assist, assist terbanyak di satu Kejuaraan Eropa sejak pencatatan dimulai pada tahun 1980.

Ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol atau assist di perempat final, semifinal, dan final satu Euro.

BACA JUGA:Messi Cedera, Banting Sepatu, Lautaro Cetak Gol, dan Argentina Juara Copa America

Pele, yang meninggal pada tahun 2022, berusia 17 tahun 249 hari ketika ia bermain di final Piala Dunia 1958 untuk Brasil, mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 melawan Swedia.

Ini adalah kedua kalinya dalam seminggu Yamal melampaui rekor yang dibuat Pele. Dalam kemenangan tengah pekan atas Prancis, ia menjadi pemain termuda yang berpartisipasi di semifinal turnamen tim nasional besar, sehingga ia mendapat ucapan selamat dari Pele Foundation, yang mengelola warisan mendiang striker tersebut.

“Yayasan Pelé mengucapkan selamat kepada Lamine Yamal atas pencapaian penting dalam kariernya dan berharap ini menjadi langkah pertama dari perjalanan panjang dan penuh kemenangan,” kata mereka.

Ini merupakan turnamen rekor bagi Yamal.Ia menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Euro pada pertandingan pembuka Spanyol melawan Kroasia dan kemudian menjadi pencetak gol termuda di final ketika ia mencetak gol dalam kemenangan semifinal atas Prancis.

“Kami telah melihat seorang jenius, produk dari seorang jenius,” kata pelatih Spanyol De la Fuente dalam konferensi pers usai pertandingan itu.

Kategori :