Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pj Wali Kota Batu Apresiasi Lomba Mandiri Sampah

Kamis 11-07-2024,09:28 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Fatkhul Aziz

BATU, MEMORANDUM - Peringati Hari Lingkungan Hidup Kota Batu tahun 2024, Pemkot Batu memberi penghargaan kepada pemenang lomba Warga Mandiri, di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota batu, Rabu 10 Juli 2024.

Dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muji Dwi Leksono, serta jajaran kepala SKPD di lingkungan Pemkot Batu.

Dalam peringatan ini, DLH mengadakan serangkaian acara untuk mengapresiasi para penggiat lingkungan yang berkontribusi dalam menanganai masalah lingkungan hidup di Kota Batu. 

Acara diawali pemaparan 3 besar finalis RW Mandiri Sampah tingkat Kota Batu, dilanjutkan pemberian penghargaan pada Tenaga Harian Lepas DLH, pemberian penghargaan kepada SKPD dalam pengelolaan sampah, serta launching buku hasil karya dari Kepala DLH Kota Batu.

BACA JUGA:Transformasi Digital Sekolah, Pemkot Batu Gandeng OJK dan Google Indonesia

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kota Batu ini mengangkat tema penyelesaian krisis iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan,” Kata Kepala DLH Kota Batu Muji Dwi Leksono.

Menurutnya, yang menjadi tindak lanjut dari upaya DLH dalam menangani masalah sampah melibatkan akademisi dan juga penggiat Lingkungan agar turut serta berperan menangani permasalahan sampah di Kota Batu.

Disebutkan, penghargaan Anas Nan Baik Hati (PenilaiaN PetugAs PelayanAn TerBaik UsaHa BerarTi) diberikan Tenaga Harian Lepas DLH, yaitu 10 orang petugas penyapu jalan, 5 orang dari penataan pertamanan, dan 5 orang petugas kebersihan dan pengelolaan sampah yang proses.

“Adapun penilaiannya dimulai sejak Januari hingga Juni 2024. Selain itu SKPD yang mendapatkan penghargaan dalam hal pengelolaan sampah oleh perangkat daerah di lingkungan Kota Batu adalah Bappelitbangda Kota Batu, Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Dinas Kesehatan Kota Batu,” Jelasnya. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Pemkot Batu Kembali Gelar Gerakan Tanam Cabai

Sedangkan, pada lomba RW Mandiri Sampah, juara 1 adalah RW 01 Kelurahan Dadaprejo; juara 2 yaitu RW 10 Kelurahan Sisir dan juara 2 diraih RW 02 Desa Sumbegondo.

Pj Wali Kota Batu  Aries Agung Paewai mengapresiasiasi peran serta semua pihak dalam menjaga lingkungan di Kota Batu, khususnya perhatian terkait permasalahan dalam penanganan sampah.

“Terima kasih pada kesempatan ini, kita dapat tergugah untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan di sekitar kita, tidak hanya RW tertentu dari Kelurahan tertentu atau Dinas tertentu, tetapi kita semua harus secara sadar ikut dalam menjaga lingkungan di sekitar kita,” kata Pj Aries Agung Paewai.

Diharapkan, inovasi dan perubahan pola pikir masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup harus berubah dan sadar pentingnya menjaga lingkungan.

Dalam acara ini, secara resmi Pj Wali Kota Batu me-launching buku karya Kepala DLH Muji Dwi Leksono bertajuk Si Pencipta yang merupakan akronim dari Inovasi dan Pencatatan Ciptaan. (nik)

Kategori :