Kanim Malang Giatkan Pelatihan Bahasa Isyarat untuk Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Kamis 06-06-2024,18:15 WIB
Reporter : Ferry Ardi Setiawan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MALANG, MEMORANDUM - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menggelar kegiatan in-house training pelatihan bahasa isyarat sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik yang berbasis pada Hak Asasi Manusia (HAM).

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Luncurkan Inovasi Layanan Antrean Walk-In ECO-PASS untuk Pengguna Kendaraan Listrik 

Acara yang berlangsung pada 5 Juni 2024 di aula kantor ini dimulai dengan semangat menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti dengan sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Galih Priya Kartika Perdhana.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Resmikan Lentera Keimigrasian dan Community Watch 

Kegiatan in-house training ini dihadiri oleh narasumber terkemuka dalam bidangnya, antara lain Vina Noer Anisa, pekerja sosial ahli pertama dari Dinas Sosial Kota Pasuruan, dan Maskurun, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Provinsi Jatim.

BACA JUGA:Kedubes Palestina Beri Penghargaan Kantor Imigrasi Malang atas Penegakan Hukum Berlandaskan Kemanusiaan 

Selain itu, kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi terkait, termasuk UPT Imigrasi se- Jatim, Satker Pemasyarakatan, serta sebagian Satker Pemasyarakatan Korwil Malang Kementerian Hukum dan HAM Jatim.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Raih Penghargaan Satuan Kerja Terbaik Triwulan I Tahun 2024 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Galih Priya Kartika menyatakan, bahwa pelatihan bahasa isyarat ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Sinergi dengan Kejari Kota Batu, Kantor Imigrasi Malang Siap Bangun Kerja Sama yang Kokoh 

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi demi mewujudkan pelayanan yang inklusif dan menghormati hak asasi setiap individu," ujar Galih Priya Kartika.

BACA JUGA:Immigration Corner Komitmen Kantor Imigrasi Malang dalam Memberikan Pelayanan Prima 

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memastikan bahwa setiap warga negara, tanpa terkecuali.

“Dapat mengakses pelayanan publik dengan mudah dan tanpa hambatan," tambah Herdaus.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Gelar Donor Darah, Wujud Bakti Imigrasi untuk Masyarakat 

Sedangkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jatim Heni Yuwono menyatakan, bahwa pihaknya memberikan apresiasi atas langkah progresif Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dalam mewujudkan pelayanan publik yang ramah dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA:Inovasi Easy Arsip Kantor Imigrasi Malang Kelola Kearsipan secara Digital 

"Selamat bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dalam mewujudkan pelayanan publik yang ramah dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Heni Yuwono. (*)

Kategori :