Gojek Berikan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat untuk Team URC Gojek Jawa Timur
Para relawan Unit Reaksi Cepat (URC) Gojek, mengikuti pelatihan Penanganan Pertama Pada Gawat Darurat--
SURABAYA, MEMORANDUM - Gojek, layanan on-demand PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk (Grup GoTo), memiliki komitmen untuk terus memberikan sisi positif kepada mereka yang tergabung di ekosistemnya, termasuk para mitra.
Berangkat dari pemahaman bahwa setiap harinya para mitra menghadapi resiko terjadinya kecelakaan, Gojek memberikan pelatihan Bengkel Belajar Mitra dengan topik Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) kepada puluhan mitra yang tergabung dalam komunitas relawan Unit Reaksi Cepat (URC) serta mengukuhkan kepengurusan baru URC Jatim.
Berikan Pelatihan untuk Relawan Unit Reaksi Cepat (URC)
Relawan Unit Reaksi Cepat (URC) Jawa Timur merupakan sebuah komunitas yang didirikan atas inisiatif para mitra Gojek yang peduli dengan keselamatan sesama rekan mitra pengemudi online tanpa pamrih.
Niat baik yang tercetus pada 2018 lalu, langsung mendapat dukungan dari Gojek dimana URC diasuh di bawah Gojek. URC Jatim hingga kini telah beranggotakan ratusan driver dan tersebar di beberapa wilayah di Jatim.
Ketua Relawan Unit Reaksi Cepat (URC) Surabaya, Dadik Prayitno mengatakan “Relawan URC terbentuk sebagai wadah yang didasari hati nurani para anggota untuk memberikan dampak sosial khususnya di jalan raya. Jadi, misalkan ada insiden kecelakaan atau apapun di jalan tidak memandang korban dari aplikator mana, kepedulian yang menjadi motor utama untuk membantu. Intinya solidaritas antar sesama mitra pengemudi online.”
Dengan adanya relawan URC, penanganan korban kecelakaan lalu lintas bisa semakin cepat karena mereka menjadi garda terdepan yang setiap hari berada di jalan raya. Untuk mempertajam kemampuan para anggota URC, Gojek memberikan pelatihan komprehensif mengenai Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD) bekerja sama dengan beberapa Rumah Sakit di Surabaya dan RS di kota kota lain, kali ini dilakukan dengan Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya, sehingga kedepannya penanganan korban oleh para relawan bisa semakin baik.
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak memberikan apresiasi setingginya kepada para relawan.
“Apresiasi setingginya kepada para relawan URC, berdasarkan asas kemanusiaan, kolaborasi yang terjalin antara Gojek dengan para relawan ini juga menarik. Dengan pembekalan ilmu dasar PPGD untuk mitra driver, kami harapkan memberikan manfaat bagi mereka karena mitra driver ini lebih banyak berada di jalan. Jika mereka memiliki keterampilan menolong sesama pengguna jalan saat terjadi kecelakaan, diharapkan juga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi jika kedepannya mereka bisa juga ditambahkan dengan keahlian Penanganan Bencana, karena mereka ini hampir 24/7 di jalanan dan dekat dengan lokasi atau tempat yang ada potensi bencananya ”
Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang merupakan wadah pelatihan dan pengembangan diri mitra driver yang telah dilaksanakan rutin oleh Gojek sejak 2018. Sebelumnya, BBM telah memberikan pelatihan yang dapat menunjang operasional para mitra dalam melayani pelanggan seperti pelatihan P3K, perawatan kendaraan, anti kekerasan seksual, keselamatan berkendara, bahasa inggris, hingga wirausaha dan pengelolaan keuangan.
Pemberian BPJS TK Lewat Program Driver Asuh
Program Driver Asuh merupakan program yang diinisiasi Gojek Jawa Timur, dan bertujuan untuk memberikan manfaat bagi para mitra yang tergabung di ekosistemnya. Lewat program ini, Gojek bekerja sama dengan berbagai pihak dan memfasilitasi beragam kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para mitra, Gojek telah menggandeng BPJS TK dan KADIN Surabaya untuk memberikan BPJS TK kepada ribuan mitra terpilih yang ada di Surabaya.
Head of Public Policy and Government Relations Gojek East Java, Bali, dan Nusra Charly Raya menyatakan, keikutsertaan BPJS TK menjadi sangat penting bagi para mitra, karena itu Gojek terus mengedukasi manfaat dari menjadi anggota BPJS TK, melalui forum kopdar dan juga notifikasi dari aplikasi pengemudi.
“Kami terus mendorong dan memfasilitasi mitra kami untuk menjadi peserta BPJS TK, melalui sosialisasi di berbagai forum mitra. Kami juga memberikan kemudahan bagi para mitra untuk mendaftar dan juga membayar iuran jaminan sosial BPJS TK ketenagakerjaan dengan iuran yang terjangkau, diharapkan semakin banyak mitra yang merasakan manfaat dan kenyamanan dalam menjalankan layanan Gojek. Khusus kali ini, sebagai bagian dari bentuk kepedulian kami, melalui program driver asuh yang kami jalankan bekerja sama dengan KADIN BPJS TK dan RS Al Irsyad kami memberikan bantuan berupa 500 BPJS TK kepada para mitra kami yang berada di Surabaya”
Sumber: