umrah expo

Komitmen Pelabuhan Bersih, TPS Audit SMAP dan BCMS

Komitmen Pelabuhan Bersih, TPS Audit SMAP dan BCMS

Pelaksanaan audit SMAP dan BCMS.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM.COO.ID - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), bagian dari Grup Pelindo dan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menegaskan komitmennya dalam mewujudkan pelabuhan yang bersih serta menjalankan usaha secara berkelanjutan. 

BACA JUGA:TPS Ajak Pelanggan dan Pemangku Kepentingan Tanam Pohon Buah

Komitmen ini diwujudkan melalui pelaksanaan audit eksternal terhadap dua sistem manajemen penting, yakni ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) dan ISO 22301:2019 Sistem Manajemen Keberlangsungan Bisnis (BCMS).


Mini Kidi--

Audit dilakukan oleh lembaga internasional British Standards Institution (BSI) selama tiga hari di akhir April 2025, bertempat di lingkungan operasional TPS.

BACA JUGA:HUT Ke-26, TPS Komitmen Transformasi Menyeluruh

Momentum pasca-Lebaran atau Idufitri menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan audit terhadap penerapan dua standar sistem yang berlaku. Hal ini mengingat tradisi Lebaran identik dengan saling berkirim hantaran sebagai bagian dari silaturahmi, sehingga diperlukan pengawasan yang cermat guna memastikan kepatuhan terhadap kebijakan yang berlaku.

BACA JUGA:Awali ESG Journey Bersama Pelanggan, TPS Gelar Fun Trekking

Hasil audit menunjukkan bahwa TPS Familia telah menjalankan perannya dengan baik dan bertanggung jawab sesuai amanah yang diberikan. Tidak hanya dalam hal mitigasi dan pengendalian untuk menjaga kelangsungan layanan secara normal, namun juga melalui upaya perbaikan berkelanjutan yang sejalan dengan dinamika bisnis yang terus berkembang. 

BACA JUGA:TPS Dukung Transformasi Hijau Pelabuhan Nasional lewat Elektrifikasi Alat

“Salah satu langkah perbaikan yang telah dilakukan adalah melaksanakan sosialisasi standar kesisteman kepada seluruh pihak terkait secara berkala, termasuk informasi terkini di lingkungan TPS serta penegasan larangan terhadap praktik pungutan liar, korupsi, suap dan penerimaan gratifikasi. Sebagai bagian dari upaya ini, TPS juga membagikan stiker yang memuat pesan larangan terhadap empat hal tersebut, lengkap dengan informasi kanal pelaporan apabila ditemukan indikasi pelanggaran,” ujar Erika Asih Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS, Senin 5 Mei 2025.

BACA JUGA:Maret 2025, Arus Peti Kemas TPS Tetap Tumbuh

Komitmen untuk memberikan layanan terbaik senantiasa menjadi prioritas utama TPS. Namun demikian, kendala operasional tetap dapat terjadi dalam situasi tertentu. Sebagai langkah preventif, TPS secara proaktif menjalin komunikasi intensif dengan pengguna jasa dan pemangku kepentingan guna memantau proyeksi volume layanan serta memastikan kesiapan sumber daya yang diperlukan. 

BACA JUGA:Tingkatkan Ketakwaan, TPS Gelar Tadarus dan Berbagi

Sumber: