Serupa tapi Tak Sama! Inilah Perbedaan Teater dengan Film

Serupa tapi Tak Sama! Inilah Perbedaan Teater dengan Film

Ilustrasi--

MEMORANDUM - Mungkin dari kalian masih bingung dengan perbedaan antara teater dan film, memang keduanya tidak jauh berbeda, namun terdapat beberapa perbedaan antara keduanya. 

BACA JUGA:Ingin Bergabung Menjadi Anggota Teater? Ketahui 3 Hal Ini Agar Lebih Yakin

Inilah 5 perbedaan antara teater dengan film:

1. Hari H

Perbedaan pertama adalah ketika hari H. Hari H teater disebut dengan pementasan, sedangkan hari H film disebut dengan syuting. 

Pada pementasan teater dilakukan secara langsung di sebuah panggung, dalam hal ini sutradara sudah tidak ikut di dalamnya. Sutradara sudah fokus untuk melihat pementasan, hasil dari latihan yang telah dilakukan. 

Pada syuting film menggunakan model cut to, bisa disesuaikan sesuai arahan sutradara. Dalam hal ini, sutradara masih berperan penuh di dalamnya.  

BACA JUGA:Belajar Teater Bisa Jadi Artis? Ini Jawabannya

2. Make up

Ketik melihat pertunjukan teater dan film, hal yang paling menonjol adalah pada make up. 

Make up teater lebih menonjol daripada film, karena teater menggunakan permainan lampu yang membuat make up harus setebal mungkin agar bisa terlihat oleh penonton. Make up juga berfungsi untuk memperlihatkan usia dan karakter aktor.

Make up film lebih natural, terlihat seperti make up yang sebagaimana terlihat di kehidupan sehari-hari, karena film tidak menggunakan permainan lampu dan hanya fokus dengan hasil yang ada di kamera.

3. Keaktoran

Keaktoran antara teater dengan film sama-sama membutuhkan kemampuan akting, namun secara pendialogan, teater lebih membutuhkan vokal yang lebih daripada film.

Sumber: