Pemkab Tulungagung Gelar Upacara Hardiknas 2024, Puluhan Pelajar Berprestasi Mendapat Piala

Pemkab Tulungagung Gelar Upacara Hardiknas 2024, Puluhan Pelajar Berprestasi Mendapat Piala

Pj Bupati Heru Suseno menyerahkan piala kepada siswa berprestasi.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 jatuh pada 02 Mei 2024, tepatnya pada hari Kamis ini.

Perayaan Hardiknas di Pemkab Tulungagung digelar dengan upacara bendera, sekaligus pemberian piala kepada puluhan pelajar tingkat SD-SMP di Kabupaten Tulungagung yang berprestasi di berbagai bidang.

Mulai dari lomba cerdas cermat, lomba keolahragaan, kesenian, dan lain sebagainya.

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno yang memimpin kegiatan itu sekaligus memimpin pemberian piala kepada pelajar berprestasi mengatakan, pada kesempatan ini juga digelar perayaan hari Kartini, hari Otonomi Daerah, dan Hardiknas 2024. 

BACA JUGA:Hardiknas Kabupaten Malang, 2023 Penari Bapang Unjuk Kreasi

"Kali ini merupakan perayaan hari pendidikan yang harus dimaknai sebagai jembatan untuk pendidikan di masa depan," ujarnya.

Menurutnya, penerapan kurikulum merdeka belajar yang dilaksanakan sejak 5 tahun yang lalu dan sempat mengalami penyesuaian karena ada pandemi Covid-19, harus tetap dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

"Sempat harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Namun kita semua mampu melaluinya, dan tahun depan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, kurikulum ini terus kita lanjutkan," paparnya.

Menurut Heru, hal positif dari penerapan kurikulum merdeka belajar adalah adanya penyesuaian antara pendidikan di sekolah dengan dunia kerja sesungguhnya. Sehingga, menciptakan pelajar yang tidak hanya pandai secara pendidikan, namun juga siap menatap masa depan.

BACA JUGA:Peringati Hardiknas, Wali Kota Eri: Zaman Modern Digitalisasi Sangatlah Penting

"Intinya adalah kurikulum yang memberikan penekanan kepada anak didik dan pendidik agar bisa belajar dengan baik. Tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas," jelasnya.

PJ Bupati Heru menyebut, penerapan merdeka belajar di Kabupaten Tulungagung juga terus mengalami progres pertumbuhan yang semakin baik, tetapi tetap perlu dorongan dari semua pihak, untuk menghasilkan pendidikan yang sesuai dengan harapan pemerintah.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan piala kepada pelajar berprestasi, Pj Bupati Heru Suseno bersama kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tulungagung, juga secara simbolis memberikan bantuan kematian kepada tenaga pendidikan Non ASN yang telah terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Yang bersangkutan adalah tenaga pendidikan setingkat SD, yang telah meninggal dan mendapatkan santunan uang tunai Rp 42 juta. (fir/mad)

Sumber: