Meski Kalah 2-0 atas Uzbekistan, Shin Tae-yong Percaya Timnas Bisa Lolos Olimpiade Paris 2024

Meski Kalah 2-0 atas Uzbekistan, Shin Tae-yong Percaya Timnas Bisa Lolos Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong--

MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-23 gagal untuk menembus partai final usai kalah atas Uzbekistan dengan skor 2-0 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin 29 April 2024 pukul 21:00 WIB. 

Dalam pertandingan tersebut, Garuda Muda seperti kalah segalanya atas Uzbekistan. Sepanjang laga selalu dikepung dan timnas kesulitan mengembangkan permainan. High pressing yang ditunjukkan Uzbekistan membuat umpan satu dua atar pemain timnas tak terlihat. 

Di pertandingan ini, Indonesia tidak diperkuat salah satu penyerang andalannya, Rafael Struick, karena akumulasi kartu kuning.

Kekalahan itu tidak melunturkan kepercayaan diri pelatih tim U-23 Indonesia, Shin Tae-yong. Ia masih sangat yakin bisa meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 bersama Indonesia dalam perebutan juara ketiga menghadapi Irak. 

BACA JUGA:Polda Jatim Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Jika kalah di laga perebutan tempat ketiga, Indonesia masih punya jalan terakhir, yakni memenangi laga playoff antar konfederasi melawan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei 2024.

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia sudah berusaha maksimal saat menghadapi Uzbekistan. Namun, dia mengakui di pertandingan kali ini Uzbekistan bermain lebih baik.

"Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga. Ada sesuatu hal yang membuat saya merasa sedikit malu, tapi saya tidak mau menyebutkannya," kata Shin Tae-yong dikutip laman resmi PSSI. 

"Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade," Ujar pelatih 53 tahun itu. 

BACA JUGA:Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Kantor Bupati Gresik, Ada Doorprize dan Live Musik

Shin Tae-yong menambahkan para pemainnya seperti kehilangan kepercayaan diri. Padahal, Garuda Muda di tiga laga sebelumnya tampil sangat impresif dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1) dan Korea Selatan (2-2, 11-10 setelah adu penalti).

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya," tukas Shin Tae-yong.

Dalam perebutan tempat ketiga, Indonesia bakal menghadapi Irak yang dikalahkan oleh Jepang skor 2-0. Laga antara Indonesia vs Irak akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis 2 Mei 2024 pukul 22.30 WIB.(rid)

Sumber: