Dikunjungi Dirjen HAM, Kemenkumham Jatim Komitmen Laksanakan P5HAM

Dikunjungi Dirjen HAM, Kemenkumham Jatim Komitmen Laksanakan P5HAM

Dirjen HAM Dhahana Adi bersama jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. -Sujatmiko-

SURABAYA, MEMORANDUM - Kanwil Kemenkumham Jatim menyambut positif kunjungan Dirjen HAM Dhahana Adi, Kamis, 25 April 2024. Instansi yang dipimpin Heni Yuwono itu berkomitmen untuk melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM (P5HAM).

BACA JUGA:Polres Probolinggo Kota Bahas Kekerasan Seksual Bersama Kemenkuham Jatim

"Kami bersama pemerintah daerah telah melaksanakan P5HAM sesuai amanah undang-undang," ujar Heni.

Selain menyusun dan mengimplementasikan rencana aksi nasional HAM, Heni menjelaskan bahwa pihaknya juga mendorong jajarannya dan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pelayanan publik berbasis HAM.

BACA JUGA:Buka Masa Orientasi CPNS Angkatan 2024, Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

"Yakni dengan penyediaan sarana dan prasarana pelayanan publik berbasis  HAM di Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim, serta lima OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim yang telah mencanangkan P2HAM sebulan yang lalu," urai Heni. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Siap Sinergi dan Kolaborasi Mendukung Program Pimti Madya Baru

Terkait strategi penyelesaian dugaan Pelanggaran HAM, Heni juga menjelaskan bahwa pihaknya melaksanakannya dengan berbasis masyarakat. Dengan pendekatan keadilan restoratif dan kearifan lokal. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Apresiasi Pemprov Jatim yang Deklarasikan P2HAM

"Sehingga telah terbentuk 63 Pos Pengaduan HAM di seluruh UPT di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Jatim, baik di lapas, rutan, kantor imigrasi hingga rupbasan," jelas Heni.

BACA JUGA:Safari Ramadan Perdana di Kanim Malang, Kakanwil Harap Peningkatan Kualitas Diri Pegawai

Untuk memotivasi pemda agar meningkatkan  tanggung jawab dalam melaksanakan P5HAM, terdapat 12 kabupaten/kota di Jatim yang memperoleh predikat 'Peduli HAM.' 

BACA JUGA:10 Hari Jelang Pemilu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Sidak Lapas Surabaya

"Tentunya pada tahun 2024 ini kami harapkan seluruh kabupaten/kota di Jatim memperoleh predikat Peduli HAM," harap Heni. 

Sumber: