Ketahui 4 Efek Buruk Pada Kesehatan Karena Kebiasaan Tidur Sore

Ketahui 4 Efek Buruk Pada Kesehatan Karena Kebiasaan Tidur Sore

Tidur sore mempunyai efek buruk bagi kesehatan, karena selain akan membuat susah untuk tidur di malam hari, tidur sore juga memicu resiko munculnya penyakit--Freepik

MEMORANDUM - Terkadang saat setelah selesai menjalani rutinitas sehari-hari, tubuh akan mengalami lelah dan secara perlahan akan mulai datang kantuk saat sore hari. Tak bisa menahan kantuk, akhirnya tertidur pada sore hari.

Namun ternyata tidur sore mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan, karena selain akan membuat susah untuk tidur di malam hari, tidur sore juga memicu resiko munculnya penyakit di masa mendatang.

Oleh karena itu kebiasaan tidur sore sebaiknya dihindari karena bisa memunculkan efek buruk sebagai berikut:

1.    Sulit tidur di malam hari
Salah satu efek yang pasti dan langsung dialami saat tidur sore adalah mengalami gangguan sulit tidur saat malam hari atau insomnia.

Jika kualitas istirahat atau tidur di malam hari menurun akan membuat tubuh kurang dalam beristirahat sehingga akan membuat badan lelah saat pagi hari.

2.    Tubuh Terasa Lemas
Meskipun tujuannya adalah menghilangkan lelah ternyata tidur sore malah membuat tubuh menjadi gampang lemas, hal itu dikarenakan sore hari bukanlah waktu yang baik untuk tidur.

BACA JUGA:Apakah Tidur Siang Benar-benar Sehat?

BACA JUGA:Rahasia Tidur Nyenyak dan Tubuh Sehat: Minuman Pembersih Tubuh Menjelang Tidur

Tidur sore dapat menghambat asupan oksigen pada tubuh, sehingga hal tersebut akan membuat tubuh jadi terasa lemas saat bangun, terlebih rasa lemas itu bisa berlanjut sampai keesokan harinya karena asupan oksigen dalam tubuh masih belum lancar.

Tentunya hal tersbut akan menggangu aktivitas harian sehari hari dan menjadi kurang semangat karena tubuh yang letih dan lemas.

3.    Pusing
Efek buruk lain yang terjadi jika melakukan tidur sore adalah gangguan sakit kepala atau Pusing, hal itu juga terjadi karena kurangnya asupan oksigen yang diterima oleh tubuh kurang dan terhambat.

Selain itu kebiasaan tidur pada sore hari membuat suasana hati menjadi tidak nyaman karena banyaknya efek yang tidak mengenakan dialami oleh tubuh.

4.    Menurunnya Konsentrasi dan Daya Ingat
Tidur sore dapat menyebabkan menurunnya fungsi kognitif seperti konsenstrasi dan daya ingat, itu sebabnya terkadang pada saat tidur sore saat terbangun pikiran menjadi linglung.


Meskipun tidak langsung terjadi efek buruk yang serius bagi kesehatan, kondisi tersebut seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman dan resiko tersebut pun dapat meningkat jika waktu tidur siang terjadi lebih lama.

Itulah 4 efek buruk dari tidur sore yang perlu anda ketahui, terkadang rasa kantuk sangat sulit ditahan jika sudah menjadi kebiasaan tidur pada sore hari.

Namun hal itu dapat dihindari dengan menambah aktivitas ringan seperti minum kopi, olahraga atau hal lain yang dapat menghindarkan rasa kantuk pada saat sore hari. (mg18)

Sumber: