Lahirkan Ikon Kuliner Baru Kota Malang Gelar Lomba Cipta Rasa

Lahirkan Ikon Kuliner Baru Kota Malang Gelar Lomba Cipta Rasa

Istri Pj Wali Kota Malang Ny Dr Ir Wahyu Hidayat bersama para dewan juri membuka lomba.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Pemkot Malang melalui istri Pj Wali Kota Malang Ny Dr Ir Wahyu Hidayat menggelar lomba cipta rasa kreasi masakan di halaman depan dan jalan depan Balaikota Malang, Rabu, 24 April 2024.

Sekitar 35 tim peserta dari chef hotel, restoran dan masyarakat /katering yang memiliki passion memasak ambil bagian. Mereka berlomba membuat cipta rasa masakan dari tiga bahan dasar. Ketiganya adalah, ikan nila, tempe, dan minuman berbahan bunga telang.

BACA JUGA:HUT 110 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Ajak Seluruh Komunitas Saling Berselaras

"Kami ingin meningkatkan tempe mempunyai nilai lebih. Tentunya, dengan kreasi menu masakan yang dibuat. Ini semacam tantangan bagi para chef di Kota Malang. Sehingga, bisa menghasilkan produk makanan dengan cita rasa baru yang mendunia," terang istri Pj Wali Kota Malang, Rabu, 24 April 2024.

Ia menambahkan, panitia memang  sengaja membatasi tiga bahan dasar. Mulai ikan nila, yang merupakan salah satu budidaya warga Kota Malang, tempe yang sudah dikenal menjadi salah satu produk kuliner Kota Malang. Sedangkan untuk minum, berbahan dasar bunga telang yang juga hasil budidaya warga, dikreasi sedemikian rupa.

BACA JUGA:HUT Ke-110 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Naik Bemo Kunjungi Tempat Bersejarah

"Budidaya bunga telang, juga telah ada di Kota Malang tepatnya wilayah Kecamatan Sukun. Kemudian budikdambernya. Harapan saya, minuman bunga telang, menjadi welcome drink di hotel Kota Malang," lanjutnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Arif Tri Sastyawan SSTP MSi menerangkan, bahwa dirinya memang diamanahi untuk teknis pelaksanaan lomba. Dan diharapkan nantinya pada gelaran berikutnya, sudah akan diampu oleh OPD terkait.

BACA JUGA:HUT Ke-110 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Serahkan CSR Tugu Tirta

"Ya, saya hanya diamanahi untuk ketua pelaksana. Di tahun berikutnya, oleh perangkat terkait sesuai tusinya," katanya.

Untuk itu kata dia, istri Pj Wali Kota Malang berharap, gelaran semacamnya akan ke wilayah kecamatan bahkan kelurahan. Dan kreasi cipta rasa ini, nantinya bisa menjadi menu makanan wajib di hotel di Kota Malang.

BACA JUGA:Sedang Tayang di Bioskop! Badarawuhi di Desa Penari Membahas Apa Saja?

"Untuk juaranya, akan disampaikan saat puncak acara peringatan HUT ke-110 Kota Malang. Dan para pemenangnya, akan memberikan pelatihan cara masak produk tersebut, kepada para ibu PKK di kecamatan dan kelurahan. Sehingga, tercipta ikon kuliner baru di Kota Malang," pungkasnya. (*)

Sumber: