Rakor Timpora Minahasa, Imigrasi Manado Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Era Digital

Rakor Timpora Minahasa, Imigrasi Manado Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Era Digital

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado menyelenggarakan Rapat Koordinasi Timpora Kabupaten Minahasa dengan tema Transformasi Imigrasi Menghadapi Tatangan Keimigrasian di Era Digitalisasi. --

MANADO, MEMORANDUM - Kantor Wilayah Kemenkumham melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado menyelenggarakan Rapat Koordinasi Timpora Kabupaten Minahasa dengan tema Transformasi Imigrasi Menghadapi Tatangan Keimigrasian di Era Digitalisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Mercure Manado Tateli Beach Resort bersama stakeholder terkait, Senin 22 April 2024.

Selanjutnya Kegiatan dibuka  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Meidy Rengkuan, sekaligus memberikan sambutan mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Kegiatan diawali dengan mendengarkan laporan oleh Kasubsi Intelejen Jefri Manubara.

Adapun maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk  saling berbagi informasi dan mengenal satu sama lain dalam keterkaitan terhadap pengawasan orang asing diwilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado khususnya di Kabupaten Minahasa.

Kegiatan rapat ini dilaksanakan rutin oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado  bertujuan untuk menyatukan pandangan dalam sinergi membangun negeri dengan "pengawasan orang asing di era Baru Menuju Indonesia Maju".

BACA JUGA:Pascalibur Idulfitri, Imigrasi Manado Siap Kembali Beri Pelayanan Prima

Kepala Kantor Imigrasi Manado, Made Nur Hepi Juniartha mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk sinergitas dengan instansi terkait untuk menjaga kondusifitas khususnya di Kabupaten Minahasa tentang kegiatan Orang Asing.

"Kami profiling dan sebagai intelejen kami menyampaikan kepada teman-teman (instansi terkait) sebagai bentuk kepanjangan tangan tim Keimigrasian kepada Timpora,  karena disisi lain anggota kita kurang. Jadi ini bentuk kerjasama kita dan sebagai bentuk koordinasi untuk menyampaikan hal-hal di tempat instansi masing-masing," kata Made Hepi menambahkan.

"Harapan kami. Timpora ini untuk meneruskan informasi atau menyampaikan kepada masyarakat tentang bagaimana PMI improsedural dampaknya seperti apa. Itu yang harus disampaikan di Desa atau Kecamatan masing-masing," katanya.

Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dan meminta kerjasama Masyarakat dalam membantu mengawasi Orang Asing di wilayah masing-masing, serta pihaknya minta kepada instansi terkait apabila ada WNA yang terlibat masalah untuk ditindak sesuai aturan yang berlaku  berdasarkan Tugas dan Fungsi  masing-masing intansi, sehingga dapat memberikan efek jera dan menciptakan rasa aman bagi Masyarakat.

BACA JUGA:Imigrasi Manado Ikuti Apel Mudik Bersama Hari Raya Idulfitri 1445 H

"Pemerintah Kabupaten Minahasa meyakini dengan adanya kerjasama dan sinergitas dari masing-masing anggota Timpora dapat menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Minahasa dari berbagai potensi dan ancaman dari WNA," kata Meidy.(mik)

Sumber: