Kenali Leukimia Sejak Dini: 6 Gejala Leukimia pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Kenali Leukimia Sejak Dini: 6 Gejala Leukimia pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

-freepik-

MEMORANDUM - Leukimia, kanker darah yang menyerang anak-anak merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Pertumbuhan sel darah putih yang tidak normal pada Leukimia dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini

Sebagai orang tua, penting untuk mengenali gejala-gejala leukimia pada anak agar dapat memberikan pertolongan medis secepat mungkin. Berikut adalah 6 gejala utama leukimia pada anak yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

1. Anemia

Gejala ini ditandai dengan wajah pucat, sesak napas, dan mudah lelah. Anemia pada leukimia terjadi karena tubuh tidak memproduksi cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

2. Demam Berkepanjangan dan Mudah Infeksi

Anak-anak dengan leukimia lebih mudah terkena infeksi dan sering demam karena sel darah putihnya yang abnormal tidak dapat melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Demam pada leukimia biasanya lebih tinggi dari 38°C dan berlangsung selama beberapa hari.

BACA JUGA:Kunjungi Kantah Surabaya I, Menteri ATR/Kepala BPN Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan yang Ada

3. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening dapat terlihat di area dada, leher, ketiak, dan pangkal paha. Pembengkakan ini biasanya berlangsung beberapa hari.

 

4. Nyeri Tulang

Sumber: