Pj Bupati Tulungagung Sidak Kedisiplinan ASN Pasca-Libur Lebaran

Pj Bupati Tulungagung Sidak Kedisiplinan ASN Pasca-Libur Lebaran

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno (nomor dua dari kanan) sidak ASN.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno bersama sekda serta Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tulungagung menggelar sidak kedisiplinan ASN pasca-libur panjang Lebaran tahun ini.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini 

Sidak dilakukan di empat organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai sampling. Yakni Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas PU Permukiman (PU Perkim), serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Tulungagung.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran 

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno mengatakan, sidak ini dilakukan guna melihat tingkat kedisiplinan ASN usai libur Lebaran. Terlebih pihaknya sudah memastikan penerapan work from office (WFO) kepada semua ASN di lingkup Pemkab Tulungagung, dan tidak menerapkan work from home (WFH), sehingga sudah seharusnya ASN kembali bekerja seperti biasa pasca-Lebaran.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya 

"Sudah mulai masuk sejak tanggal 16 kemarin. Kemudian kita pastikan tidak ada yang WFH, walaupun ada edaran soal itu, karena kita melihat ASN kita sebagian besar adalah warga Tulungagung yang tidak mudik ke lokasi yang jauh," ujarnya, Rabu 17 April 2024.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gandeng Baznas, Pj Bupati Heru Bersama Forkopimda Taat Zakat Mal 

Dari 4 OPD yang menjadi lokasi sampling, tidak didapati ASN yang membolos usai libur Lebaran.

BACA JUGA:Pj Bupati Tulungagung Isyaratkan Larangan Penggunaan Mobdin untuk Mudik 

Heru berharap, kedisiplinan ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga berimbas pada pelayanan kepada masyarakat Tulungagung yang maksimal.

BACA JUGA:Satpol PP Tulungagung Temukan 4 Warkop Karaoke Langgar SE Pj Bupati 

Sementara, Kepala BKPSDM Kabupaten Tulungagung Soeroto merinci, ada beberapa ASN yang memang belum masuk pada hari pertama kerja usai libur Lebaran kemarin. Namun mereka tidak masuk karena sudah mengurus izin cuti hingga tugas belajar.

BACA JUGA:Pj Bupati Tulungagung Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan 

"Jadi hari pertama kerja kemarin, kita langsung minta masing-masing OPD mengirimkan presensi kehadiran ASN-nya, kemudian kita rekap dan kita sampaikan kepada Bapak Pj Bupati," jelasnya.

BACA JUGA:Pj Bupati Tulungagung Teken NPHD Pengamanan Pilkada 2024 

Soeroto menyebut, dari 4.451 ASN yang ada di lingkup Pemkab Tulungagung, terdata 4.471 ASN yang langsung masuk kerja pasca-libur Lebaran, sedangkan 84 lainnya tidak masuk.

BACA JUGA:Hadiri Tasyakuran PWI Tulungagung, Pj Bupati: Pers Ikut Menyukseskan Pemilu 2024 

Mereka yang tidak masuk ini merupakan ASN yang telah mengajukan izin. Seperti izin cuti karena sakit, cuti karena alasan penting, cuti melahirkan, bahkan ada juga yang masih menjalani tugas belajar.

BACA JUGA:Pj Bupati Pantau Penyaluran BLT Dana Desa di Tulungagung 

Sedangkan untuk ASN yang tidak masuk tanpa alasan yang jelas, pihaknya akan memberikan sanksi berjenjang. Mulai dari peringatan, teguran, hingga sanksi yang lebih berat.

BACA JUGA:Akhir Tahun, PJ Bupati Tulungagung Sidak Sejumlah Proyek Pemkab 

"Ini yang masuk catatan kami ya, kecuali UPAS Dinas Pendidikan, karena memang belum mulai masuk kerja. Jadi ada 42 yang cuti sakit, ada 20 yang cuti melahirkan, ada 3 yang tugas belajar, kemudian ada 4 yang cuti karena alasan penting, ada 10 orang yang belum absen, dan ada 5 yang tidak ada alasan," pungkasnya. (*)

Sumber: