Disparbud Jember Pantai Papuma Jadi Jujugan Wisata Favorit Selama Masa Libur Lebaran

Disparbud Jember Pantai Papuma Jadi Jujugan Wisata Favorit Selama Masa Libur Lebaran

Suasana pengunjung Pantai Papuma Jember.-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM -  Tagline “Libur Lebaran Cukup Di Jember Saja” rupanya cukup tidak sia sia digaungkan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto. Terbukti selama masa libur tersebut pengunjung di beberapa tempat wisata di Jember naik, salah satunya di Pantai Tanjung Pasir Putih Malika atau dikenal dengan sebutan Papuma.

BACA JUGA:Pulihkan Kunjungan Wisata Pascapandemi, Papuma Buka 24 Jam

Hal itu berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember. Bahwa ada beberapa sejumlah tempat Lokasi wisata lokal yang menjadi favorit, yaitu Pantai Tanjung Pasir Putih Malika (Papuma), wisata buatan di Dira Park dan Wisata Perkebunan Gunung Gambir

BACA JUGA:Imbas Tiket Gratis Papuma, Pengelola Lepas Tangan Soal Tewasnya Pengunjung

"Untuk lokasi wisata Pantai Papuma  peningkatan dari hari Kamis, 11 April 2024 sampai Sabtu, 13 April 2024. Catatan kami terakhir Sabtu, 13 April 2024, ada 3533 pengunjung ke Pantai Papuma, yang merupakan wisatawan lokal. Untuk hari ini, Alhamdulillah ada 3.900-an wisatawan domestik," ujar Kepala Dinas Disparbud Jember Bambang Rudi melalui Kabid Disparbud Jember Deta Irama Kasih, saat dikonfirmasi di Jember. Senin, 15 April 2024.

BACA JUGA:Kijang Seruduk Lima Motor, 1 Tewas, Pengelola Papuma: Korban Tak Dapat Asuransi

"Sebelumnya pada hari Kamis, 11 April 2024 dan Jumat, 12 April 2024 juga sempat dikunjungi wisatawan dari mancanegara ada 5 orang," sambungnya.

BACA JUGA:PMI Jember Ajak Wisatawan Papuma Donor Darah

Selain itu juga, masyarakat juga banyak yang berwisata ke tempat - tempat lain, seperti tempat wisata buatan di Dira Park. 

BACA JUGA:Tak Ada Poin Penggratisan Tiket Masuk Papuma dalam MoU Pemkab Jember-Perhutani

"Untuk data terakhir kami Jumat, 12 April 2024. Tujuan wisata nomor dua adalah lokasi wisata buatan, yakni perkebunan Gunung Gambir dan Dira Park. Tercatat ada 951 wisatawan lokal. Untuk data Sabtu, 13 April 2024 dan Minggu, 14 April 2024 masih kami data," jelas Deta.

BACA JUGA:Pastikan Ditutup, Dandim dan Kapolres Sidak Wisata Papuma

Meski demikian, masyarakat tidak hanya berwisata di tiga lokasi saja, tetapi juga ke lokasi wisata yang dikelola langsung oleh Pemkab Jember. 

"Paling banyak dikunjungi itu pemandian Patemon di Kecamatan Tanggul, mencapai 1.290 orang pada Sabtu, 13 April 2024. Menyusul kemudian Pantai watu ulo 715 orang dan Wisata Rembangan 559 pengunjung. Semuanya wisatawan lokal," ungkap Deta merinci.

Sumber: