Komitmen Bebas dari Narkoba, Lebih dari Separuh Warga Binaan Lapas Lamongan Dites Urine

Komitmen Bebas dari Narkoba, Lebih dari Separuh Warga Binaan Lapas Lamongan Dites Urine

Tes urine warga binaan Lapas Lamongan yang dilakukan aparat gabungan dari BNNK Gresik, Polres Lamongan, Kodim, dan Denpom.-sujatmiko-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Lapas Lamongan tak ingin setengah-setengah dalam menabuh genderang perang terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. 

BACA JUGA:PIPAS Penyeimbang Profesionalisme Kinerja Lapas Lamongan, Berbagi Takjil Buka Puasa

Dalam dua hari, Jumat, 5 April 2024-Sabtu, 6 April 2024, lapas yang dipimpin Mahrus itu sudah melakukan tes urine lebih dari separuh warga binaannya.

"Sebanyak 400 dari total 671 warga binaan telah dites urine untuk mengetahui ada tidaknya kadar zat-zat terlarang," ujar Mahrus, Sabtu 6 April 2024.

BACA JUGA:Puluhan Napi Rutan Medaeng Dilayar ke Lapas Lamongan, Ada Apa?

Hasilnya, semua warga binaan yang dites hasilnya negatif. Artinya, tidak ada satu pun warga binaan yang menyalahgunakan narkoba selama menjalani pembinaan di lapas yang terletak di Jalan Sumargo itu.

"Proses tes juga dilakukan secara transparan karena melibatkan aparat berwenang seperti BNNK Gresik, Polres Lamongan, Kodim, dan Denpom," tegas Mahrus.

BACA JUGA:Ada Dua Napiter, BNPT Datangi Lapas Lamongan

Tidak itu saja, untuk memastikan bahwa warga binaan benar-benar bersih, pihak Lapas Lamongan juga melakukan penggeledahan hunian secara acak.

"Ada tiga kamar yang digeledah secara acak yaitu kamar D2, B6 dan A6," tutur Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Lamongan Andi Eko Sutrisno.

Andi menjelaskan bahwa yang memilih kamar warga binaan untuk digeledah adalah dari pihak eksternal.

"Ini menjadi bentuk transparansi kami, sehingga pihak eksternal sebagai perwakilan masyarakat bisa menguji komitmen kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban lapas," tuturnya.

Langkah yang diambil Lapas Lamongan inipun mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono

Menurutnya, langkah ini menjadi bukti nyata bahwa Lapas Lamongan punya komitmen yang kuat dalam menciptakan lapas yang aman dan kondusif.

Sumber: