Tips Jaga Kebugaran saat Itikaf di Masjid

Tips Jaga Kebugaran saat Itikaf di Masjid

Malam lailtur qadar adalah malam yang istimewa saat bulan ramadan dan disebut di dalam Al Quran sebagai malam 1.000 bulan.--Freepik

MEMORANDUM - Pada saat memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, umat muslim akan menyambut datangnya hari tersebut dengan melakukan i’tikaf untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Aktivitas i’tikaf sendiri yaitu melakukan kegiatan berdiam diri di dalam masjid.  Karena pada malam tersebut memiliki banyak keutamaan dan hal yang paling diingan kan adalah mendapat keberkahan malam lailatul qadar.

Malam lailtur qadar adalah malam yang istimewa saat bulan ramadan dan disebut di dalam Al Quran sebagai malam 1.000 bulan.

Namun bagi sebagian orang yang tetap bekerja ada hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap bugar selama melakukan i’tikaf.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar saat beribadah dan bekerja :

1. Menjaga asupan pola makan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, pastikan makanan mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

Hindari konsumsi makanan berlemak dan berat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

2.  Perbanyak minum air putih

Saat melakukan puasa cairan yang ada didalam tubuh telah berkurang dalam jumlah yang banyak, oleh sebab itu usahakan untuk memperbanyak minum air putih agar asupan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi.

3. Jangan Meninggalkan Makan Sahur

Untuk menjaga tubuh anda tetap bugar dan kuat dalam menjalankan aktivitas sebaiknya jangan sampai meninggalkan makan sahur untuk memenuhi energi anda.

Sahur adalah hal yang paling penting untuk energi cadangan ketika melakukan puasa, sehingga tubuh akan tetap bisa berjalan dengan baik meskipun dalam keadaan perut kosong.

Lalu sebaiknya disarankan untuk jangan langsung tidur setelah makan sahur, karena hal tersebut dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Sumber: