Usung tema 'Wali Songo' Pos Pelayanan di Gresik Sediakan Berbagai Fasilitas Gratis untuk Pemudik

Usung tema 'Wali Songo' Pos Pelayanan di Gresik Sediakan Berbagai Fasilitas Gratis untuk Pemudik

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom didampingi Kasatlantas AKP Derie Fradesca mengecek pos pelayanan bagi pemudik. -Biro Gresik-

GRESIK, MEMORANDUM - Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, Polres Gresik mendirikan satu pos pelayanan (posyan) dan empat pos pengamanan (pospam) dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan mudik Lebaran

BACA JUGA:Kapolres: Warga yang Mudik Bisa Titip Kendaraan di Mapolres Gresik Gratis

Pos-pos ini menyediakan sejumlah fasilitas gratis untuk pemudik yang pulang kampung melintasi Kota Santri.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Gelar Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menjelaskan, Pos Pelayanan berdiri di kawasan Masjid KH Ahmad Dahlan, Bunder. Sementara Pos Pengamanan tersebar di Simpang 4 Legundi, Res Area KM 732 Wringinanom, Alun-alun Gresik dan Simpang 3 Manyar.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Dampingi Kapolda Jatim ke daerah Terdampak Bencana Alam dan Baksos Gempa Bumi di Pulau Bawean

"Pos Pelayanan berada di Bunder. Karena ini lokasinya berada di titik simpul arus lalu lintas mudik. Sehingga dari sisi personel tentu lebih banyak, dan banyak fasilitas yang disediakan untuk pemudik," ujar Kapolres Gresik, Minggu, 7 April 2024. 

BACA JUGA:Kapolres Gresik Bersama Dandim 0817 Gresik Terjunkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa di Pulau Bawean

Pihaknya mendirikan pos-pos tersebut dengan mengusung tema Wali Songo. Yakni sembilan wali pembabat alas penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Seperti diketahui, di Kabupaten Gresik ada dua makam pesohor Wali Songo. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) dan Makam Sunan Giri. 

BACA JUGA:Kapolres Gresik Gelar Tadarus Bersama Personel di Bulan Ramadan

"Untuk tahun ini mengusung tema Wali Songo. Salah satu identitas yang lekat dengan Kabupaten Gresik. Seluruh pos temanya sama. Misalnya di Pos Pelayanan ini, dari desain bangunan kami sesuaikan dengan tema. Ada pula gambar para Wali Songo berikut penjelasan ceritanya. Sehingga bisa sekaligus edukasi, terutama bagi pemudik anak-anak yang mampir ke pos," tandasnya.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Bersama Forkopimda Ziarah Makam Auliya Semarakkan HUT Ke-50 dan Hari Jadi Ke-537

Pos Pelayanan yang berdiri dua lantai tersebut terlihat tampak megah. Pintu masuknya didesain seperti gapura Giri Kedaton. Dilengkapi ornamen-ornamen khas serta tersedia fasilitas yang bisa dimanfaatkan saat mudik Lebaran.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Ikut Donor Darah Peringati Hari Pers Nasional 2024 Bersama KWG

Sumber: