5 Tips Manajemen Waktu untuk Pekerja
Dengan menerapkan manajemen waktu yang baik, sobat muda dapat menghindari sifat menunda-nunda tugas ataupun pekerjaan dan terhindar dari stres akibat pekerjaan yang menumpuk.--Freepik
MEMORANDUM - Siapa disini yang kesulitan dalam membagi waktu antara di rumah dan di tempat kerja?
Sebagian orang mungkin juga pernah mengalami kebingungan dalam membagi waktu, dan mana dulu yang harus diprioritaskan, sehingga keteteran dalam tugas yang diberikan.
Nah, sobat muda harus paham nih kemampuan dalam manajamen waktu itu sangat penting dimiliki, terutama bagi seorang para pencari cuan .
Karena dapat meningkatkan produktivitas, serta mencapai target pembelajaran dengan lebih efektif.
Dengan menerapkan manajemen waktu yang baik, sobat muda dapat menghindari sifat menunda-nunda tugas ataupun pekerjaan dan terhindar dari stres akibat pekerjaan yang menumpuk.
Banyak sekali manfaat yang diperoleh jika sobat muda pandai dalam manjemen waktu, di antaranya :
1. Dapat meningkatkan efisiensi waktu dan memaksimalkan produktivitas
2. Mengurangi stres
3. Bisa membagi waktu antara kegiatan akademik dan non akademik
4. Tujuan yang dimiliki dapat tercapai
5. Meningkatkan kualitas kerja
BACA JUGA:Pemkot Surabaya Buka Posko Pengaduan THR, Pekerja Bisa Lapor!
BACA JUGA:Ciptakan Lapangan Kerja yang Layak dan Berkualitas: Hak Asasi Pekerja Indonesia
Dampak yang terjadi jika tidak pandai dalam hal manajemen waktu, antara lain :
1. Terjadinya keterlambatan dalam pengumpulan tugas yang diberikan
2. Stres berlebih akibat pekerjaan yang menumpuk
3. Timbul rasa penyesalan di kemudian hari
4. Sulit untuk fokus
Untuk melakukan manajemen waktu yang baik agar tujuan sobat muda tercapai, bisa nih menerapkan 5 tips di bawah ini, yaitu :
1. Membuat perencanaan sesuai prioritas
Selesaikan tugas yang prioritasnya lebih dekat dengan deadline
2. Menetapkan target yang spesifik
Dengan menetapkan target yang spesifik ini akan membantu sobat muda memberikan motivasi bagi seseorang untuk tetap fokus dengan pekerjaan yang dimiliki
3. Identifikasi waktu produktif
Sobat muda harus tahu nih waktu yang tepat dimana sobat muda merasa paling produktif dalam mengerjakan banyak tugas
4. Hindari sifat procrastination atau disebut dengan menunda pekerjaan
Jangan sering menunda pekerjaan loh sobat muda, meskipun belum deadlinenya. hal itu membuat pekerjaan semakin menumpuk dan memicu stres dan kelelahan
5. Tetapkan batas waktu
Buatlah deadline di setiap tugas yang ingin di selesaikan. Dengan adanya batas waktu, seseorang dapat lebih efisien dan efektif dalam mengerjakan tugasnya. (mg16)
Sumber: