Pemkab Jember Berangkatkan Mudik Ceria Penuh Makna Rute Jember-Madura

Pemkab Jember Berangkatkan Mudik Ceria Penuh Makna Rute Jember-Madura

Sekda Jember, Hadi Sasmito, lepas 3 Bus Mudik Ceria keadura--

JEMBER, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember kembali menyelenggarakan program mudik gratis 2024, memfasilitasi warga Jember yang ingin pulang kampung halaman untuk merayakan lebaran Hari Raya Idul Fitri bertajuk “mudik ceria penuh makna”.

Dalam kegitan ini Bupati Hendy diwakili oleh Sekda Jember Hadi Sasmito yang menyampaikan program mudik gratis ini rutin setiap tahun dilakukan Pemkab Jember dengan rute Jakarta-Jember dan Jember-Madura. Program tersebut dilakukan untuk menekan angka resiko kecelakaan lalu lintas.

“Tujuan dari Jakarta kita terima di Jember, kemudian melepas rute Jember ke Madura,” Tutur Sekda Sasmito. Sabtu 6 April 2024 dari depan Pendopo Kantor Bupati.

BACA JUGA:Pemkab Jember Gandeng 11 Perbankan Buka Penukaran Uang Baru

Pemberangkatan dilakukan di depan kantor Pemkab Jember dilepasberangkatkan oleh Sekda Jember dengan tiga bis rute Madura, Sabtu, 6 April 2024. Dari ketiga bis terebut salah satu diantaranya disupport dari Polres Jember. 

Pendaftran mudik gratis ini sejatinya telah dilakukan secara online di kantor Dinas Perhubungan. Namun Dishub juga membuka pendaftaran secara offline langsung di Kantor Dishub Jember. 

BACA JUGA:Jelang Idulfitri 1445 Pemkab Jember Gelar Pasar Murah

Menurut seorang pemudik bernama Saprawi, Dirinya melakukan pendaftaran di kantor DisHub dan merasa seneng dengan adanya fasilitas mudik gratis, sehingga dirinya bersama keluarnganya mudik dengan nyaman.

“Senang dan tentu sangat membantu bagi kami, setidaknya bisa menghemat biaya,” ujar Pria asal Madura Pamekasan tersebut.

Menurut dia, dirinya bersmaa kelauraga sudah kali ke dua menggunakan fasilitas gratis dari pemkab ini. 

Berdasarkan data lapangan setidaknya ada 96 warga Jember yang ikut mudik gratis dari Jakarta. Kedatangan mereka diterima oleh Bupati Hendy di depan kantor Pemkab Jember. Sedangkan untuk keberangkatan menuju Madura, Bupati memberangkatkan sejumlah 155 orang.

BACA JUGA:Sambut Hari Jadi Ke-95 Pemkab Jember Gelar Jalan Sehat

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Dishub Jember Agus Wijaya, menurutnya layanan mudik gratis ini diperuntukkan bagi warga yang ingin melakukan perjalanan mudik. Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat mengurangi resiko baik kecelakaan maupun kendala-kendala yang lain seperti kemacetan.

Sehingga lanjut Agus, masyarakat dapat merayakan lebaran dengan aman dan nyaman. “Tanpa khawatir akan risiko kecelakaan yang tinggi saat melakukan perjalanan dengan menggunakan fasilitas yang disediakan pemkab dengan pengalaman mudik yang aman dan nyaman dalam perjalanan,” tukasnya. (eko)

Sumber: