DPRD Tulungagung Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung Tahun 2023

DPRD Tulungagung Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung Tahun 2023

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno bersama Ketua DPRD Marsono dan unsur pimpinan dewan.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung menggelar rapat paripurna, dengan agenda Pengumuman Perubahan Propemperda tahun 2024, Penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung Akhir Tahun 2023 dan Pengumuman Lainnya, Kamis 28 Maret 2024, di gedung Graha Wicaksana DPRD Tulungagung.

Hadir dalam rapat paripurna kali ini, Ketua DPRD Tulungagung dan wakil ketua beserta anggotanya. Kemudian Pj Bupati Tulungagung, Sekda Pemkab Tulungagung, sejumlah kepala OPD, serta para camat.

Ketua DPRD Tulungagung, Marsono mengatakan, selain penyerahan LKPJ Bupati Tulungagung tahun 2023, agenda lainnya dalam paripurna kali ini adalah perubahan Propemperda tahun 2024, pengumuman perubahan struktur keanggotaan Fraksi PKB, dan pengumuman keanggotaan Pansus DPRD pada masa sidang II tahun sidang V periode Januari - April 2024.

"Kita lakukan paripurna hari ini sesuai dengan hasil rapat di Banmus, beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

BACA JUGA:DPRD Tulungagung Janji Kawal Aspirasi Masyarakat dalam Aksi Damai di Depan Gedung Dewan

Marsono menjelaskan, pada kegiatan ini pihaknya juga mengumumkan keanggotaan pansus untuk membahas sejumlah ranperda pada masa sidang II tahun V ini.

Pansus I akan membahas Ranperda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan.

Kemudian Pansus II akan membahas tentang perubahan kedua atas Perda nomor 6 tahun 2011 tentang Ketahanan Pangan dan Ranperda tentang perubahan atas Perda nomor 13 tahun 2016 tentang Bagian Desa dari Hasil Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Pansus III akan membahas tentang sistem kesehatan daerah dan Ranperda tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Tulungagung.

BACA JUGA:DPRD Tulungagung Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda APBD 2024

Sedangkan Pansus IV akan membahas Ranperda tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tahun 2025-2045.

Sementara Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, dalam kesempatan ini pihaknya menyampaikan LKPJ Bupati Tulungagung tahun 2023.

Menurutnya, kegiatan ini adalah proses dari sebuah pemerintahan di setiap akhir masa anggaran. Di mana dalam laporan LKPJ, disampaikan capaian Pemkab Tulungagung selama setahun yang lalu.

"Ini kan bagian dari pemerintahan, setiap akhir masa anggaran, selalu ada laporan LKPJ seperti ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Paripurna DPRD Tulungagung Bahas Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakilnya

Heru merinci, secara umum ada banyak peningkatan yang disampaikan dalam LKPJ tersebut. Termasuk indeks pembangunan manusia di Kabupaten Tulungagung yang mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Termasuk capaian 0 persen miskin ekstrim yang bisa dicatatkan oleh Pemkab Tulungagung. Kendati ada juga kebutuhan infrastruktur dasar bagi desa-desa di Tulungagung yang belum sepenuhnya bisa terpenuhi.

"Dewan punya waktu satu bulan untuk meneliti dan mendalami LKPJ yang disampaikan. Walaupun memang ada banyak capaian, namun ada juga hal - hal yang harus ditingkatkan oleh pemkab, termasuk infrastruktur dasar tadi," pungkasnya.(fir/mad)

Sumber: