Antisipasi Macet Lebaran, Dishub Kita Mojokerto Tanbah Lokasi ATCS

Antisipasi Macet Lebaran, Dishub Kita Mojokerto  Tanbah  Lokasi ATCS

Ruang ATCS Dishub Kota Mojokerto. Tahun ini akan tambah sejumlah titik Kamera pengawas. --

MOJOKERTO, MEMORANDUM-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto menyiapkan sejumlah opsi untuk mengantisipasi lonjakan perjalanan mudik dan balik tahun 2024 ini. 

Upaya mengurai penumpukan arus lalu lintas saat lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto menambah Area Traffic Control Sistem (ATCS) yang akan ditempatkan di Jalan Brawijaya Kota Mojokerto.

BACA JUGA:Kominfo Jatim Reviu Penyelenggaraan Satu Data Jawa Timur

Kepala Dishub Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto kepada wartawan media ini memaparkan ruang alat pemberi isyarat lalu lintas Dishub  mengendalikan 21 titik yang terdiri dari 12 simpang dan 9 titik simpang dan ruas jalan dengan kamera pantau. 

BACA JUGA:Mahasiswa Unair Dorong Perampasan Aset Koruptor Tanpa Lalui Tuntutan Pidana

"Tahun 2024 kami juga melakukan penambahan sebanyak 1 titik lokasi ATCS di simpang jalan Brawijaya jalan Prapanca dan kamera pemantau kondisi lalu lintas 3 titik di simpang jalan Empunala jalan Randugede, simpang jalan Mojopahit - jalan Raden Wijaya dan jalan Mojopahit - jalan Brawijaya)," Urainya, Selasa (26/03/2024). 

Lebih jauh Kadishub menerangkan pihaknya akan menempatkan petugas pada pos terpadu. Hal ini untuk melakukan pengaturan lalu lintas apabila pengendalian melalui ATCS sudah tidak dapat mengakomodir peningkatan volume lalu lintas. Caranya yakni dengan melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik konflik untuk menghindari antrian kendaraan.

Berikutnya adalah melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik konflik untuk menghindari antrian kendaraan. 

Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub memprediksi terjadinya lonjakan pada masa angkutan Lebaran tahun ini. Dari survei internal yang mereka gelar peningkatan laju arus mudik meningkat sebesar 45,67%.

Sebagai langkah pengamanan Lebaran, Dishub akan menyiagakan petugas di pos pam Stasiun, pospam Sunrise Kota Mojokerto, pospam Sekarputih dan pos pam Rest Area Gunung Gedangan. 

Untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota, arus lalulintas dari Surabaya ke arah Jombang dilewatkan melalui Jl. By Pass. Mertex - JI By Pass Sekarputih belok Kanan Jl. Empunala - Belok kiri Jl. Gajahmada - Jl. Pahlawan belok kanan JI. R. Wijaya JI. Mojopahit Selatan Simp. 3 Penarip belok Kiri - JI. RA Basuni, Sooko keluar di Simp. 3 Jampirogo, Sooko lurus kearah Jombang. 

Dari Jombang ke arah Surabaya, kendaraan dari barat dimasukkan melalui Simp. 3 Jampirogo, Sooko (lurus) JI. RA. Basuni, Sooko Simp. 4 TL DPRD Kab. Mojokerto Sooko (lurus) - Simp. 3 Penarip - Jl. Brawijaya - Simpang 4 Tribuana Tunggal Dewi - Simpang 4 Abah Yat - Simpang 4 Prapanca Belok ke kanan Jl. Kartini Jl. Taman Siswa Barat & Timur Belok - Belok ke kiri Jl. Gajah Mada - Jembatan Gajah Mada Belok kanan Jalan Raya Mlirip (Ajinomoto) - Belok ke kanan - Simpang 3 Mlirip (Rolak 3) - keluar di Simp. Tarik, Sidoarjo (belok kiri) Surabaya. 

Opsi lain dari Surabaya ke arah Jombang, semua kendaraan dari arah Surabaya Kendaraan dari arah Surabaya (timur) di belokkan ke Simp. 3 Tarik, Sidoarjo (Belok Kanan) - Belok Kekiri Simpang 3 Mlirip (Rolak 3) - Jalan Raya Mlirip (Ajinomoto) - Jl. Raya Lespadangan - Jl. Raya Jl. Raya Gedeg (Belok Kekiri) JI. Ry. PG Gempol Kerep menuju Tapen Ploso Jombang;

Jombang ke arah Surabaya, kendaraan dari Jombang dimasukkan melalui Simp. 3 Pasar Brangkal (Kedung Maling) Jl. Sambiroto Jl. Surodinawan belok kanan Jl. Tribuana Tungga Dewi Jl. Brawijaya Jl. Hayam Wuruk JI. Mayjen Sungkono Belok Kanan Jl. Jati Kulon - Belok Kiri Jl. Raya Ijen - Simp. 4 Mertex Kab Mojokerto. (war)

Sumber: