Pj Wali Kota Malang Gagas Kawasan Keramaian Baru

Pj Wali Kota Malang Gagas Kawasan Keramaian Baru

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memimpin diskusi tentang lalulintas di Kota Malang.--

MALANG, MEMORANDUM - PJ Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat akan membuat kawasan keramaian baru yang konsepnya menyasar kalangan millennial. Ini upaya untuk memecah titik kemacetan yang selama ini berpusat di Tengah kota, diantaranya di Kayutangan Heritage.

Itu disampaikan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat dalam kegiaran diskusi ‘Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan (FLAJ)’, di The Shalimar Hotel Kota Malang, Senin 25 Maret 2024.

Wahyu Hidayat menyampaikan saat ini masih ada satu pusat tempat keramaian di kawasan Kayutangan Heritage. Karena semua mengarah ke titik tersebut sehingga menimbulkan kemacetan. Sehingga perlu adanya ada lokasi baru agar dapat mengurangi kepadatan arus lalulintas.

“Kalau Kayutangan, lebih kepada konsep kolonial. Nanti kira kira untuk konsep milenial. Sekitar kawasan Sukarno Hatta, juga banyak dipakai anak anak untuk kumpul-kumpul. Ini bisa memecah arus lalulintas untuk mengimbangi lokasi yang sudah ada. Termasuk, mungkin di kawasan Sawojajar. Akan kita tata, untuk lebih baik lagi,” terangnya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Harap ASN Sosialisasikan Program Kebijakan

Dikatakan, penggunaan lahan untuk kepentingan tertentu tentunya akan me,miliki dampak terhadap kondisi lalulintas. Karena itu perlu ada pembahasan lebih awal yang detail dengan melibatkan ahli transportasi dan ahli tata ruang.

Ini merupakan bagian untuk Mensinkronkan penggunaan lahan dan memecah arus lalulintas.

“Hari ini, kita diskusikan tentang lalulintas di Kota Malang. Karena itu, dihadirkan Forum Lalulintas dan Forum Tata Ruang. Karena, penggunaan lahan di Kota Malang kalau tidak sinkron dengan Forum Lalulintas akan menimbulkan kemacetan,” jelas Wahyu Hidayat.

BACA JUGA:Respons Kenaikan Harga, Pj Wali Kota Malang Sidak Pasar

BACA JUGA:Safari Ramadan di Masjid Al-Mubarokah, Pj Wali Kota Malang Maknai Pentingnya Sinergi & Silaturahmi

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Wijaya Saleh Putra menjelaskan pihaknya melakukan pemantauan dan evaluasi terkait dengan kepadatan arus lalulintas, diantaranya di kawasan keramaian.

Disebutkan, mendekati Hari Raya Idul Fitri, diprediksi arus lalulintas akan mengalami peningkatan kepadatannya. Untuk itu, telah dilakukan penertiban yang berkaitan dengan parkir.

“Semakin dekat dengan lebaran, pusat perbelanjaan semakin ramai. Ini hal biasa setiap tahun. Tapi penanganan juga berbeda, karena beda kondisi,” jelas Wijaya.

Untuk meningkatkan keamananan dan kenyamanan, pihaknya bekerjasama dengan Polresta Malang Kota. Termasuk pembentukan pos pengamanan dan pos pelayanan di beberapa titik, salah satunya di depan Stasiun Kota Baru. (edr)

Sumber: