Catatan Jelang Derby Suramadu, Awas! Jika Tidak Hati-Hati, Persebaya Bisa Terpeleset

Catatan Jelang Derby Suramadu, Awas! Jika Tidak Hati-Hati, Persebaya Bisa Terpeleset

Eko Yudiono, wartawan Memorandum.--

Catatan: Eko Yudiono, Wartawan Memorandum

Duel seru bakal tersaji di pekan ke-29, Liga 1 musim 2023/2024. Persebaya bakal menjamu saudara mudanya Madura United (MU). Derby Suramadu kali ini bakal tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), kandang Persebaya, Rabu, 13 Maret 2024.

Meski dari head to head, Persebaya masih unggul atas MU, namun bukan tidak mungkin Laskar Sape Kerabb bakal bermain ngotot. Ada beberapa alasan mengapa MU bakal ngotot.

BACA JUGA:2.503 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan Pertandingan Liga 1 Persebaya Vs Madura United

Pertama, dari posisi klasemen, MU jelas ingin menambah poin mengingat mereka saat ini berada di posisi ke-5 klasemen sementara dengan 45 poin.

BACA JUGA:Sempat Unggul, Persebaya Kalah atas Borneo 2-1

Hanya selisih satu poin dengan PSIS dan Bali United yang berada di posisi ke-4 dan 3. Artinya, jika berhasil mendulang poin penuh, Madura bakal berada di jalur Championship dengan catatan, kedua tim baik PSIS maupun Bali United gagal meraih poin penuh.

BACA JUGA:Persebaya Siap Bawa Pulang 3 Poin di Kandang Borneo

Alasan kedua adalah, tentu saja MU ingin tetap menjadi superior dari Persebaya musim ini. Mengingat, di pertemuan pertama di Madura 17 September silam, MU menang telak 3-0. Skor ini menjadi yang terbesar bagi MU ketika mengalahkan Persebaya. Bahkan sejak 2021 silam.

Namun, tentu saja, MU tidak akan semudah membalikkan tangan ketika bersua dengan Persebaya di pertemuan kedua musim ini. Sebab, saat ini, Persebaya butuh poin untuk berada di jalur aman tetap di Liga 1 musim depan.

Tersisa 6 pekan, Green Force butuh kerja keras meski posisinya cukup aman di klasemen sementara.

Persebaya jelas diuntungkan ketika bermain di kandang. Tak lain dukungan Bonek atau pemain ke-12 mereka. Bermain di kandang, sejak 2021 silam, Persebaya tidak pernah kalah dari MU.

Yang kedua, tentu saja Bruno Moriera cs ingin membalas kekalahan telak di kandang MU di putaran pertama.

Yang jelas, derby Suramadu kali ini diprediksi berjalan ketat dan seru hingga 90 menit plus injury time. Tapi, Persebaya juga perlu berhati-hati dengan tim tamu yang Tengah on fire.

Jika tidak hati-hati, Persebaya bisa terpeleset di kandang. Siapa pemenangnya? Pecinta sepak bola yang menjadi saksi. (*)

Head to head Persebaya vs Madura United :

Minggu 17 September 2023 - Madura United 3 vs 0 Persebaya Surabaya

 

Minggu 29 Januari 2023 - Madura United 0 vs 2 Persebaya Surabaya

Minggu 14 Agustus 2022 - Persebaya Surabaya 2 vs 2 Madura United

Senin 28 Februari 2022 - Madura United 1 vs 2 Persebaya Surabaya

Minggu 20 November 2021 - Persebaya Surabaya 1 vs 0 Madura United

 

Sumber: