Satpolairud Polres Situbondo Selamatkan Nelayan di Tengah Laut Akibat Kapal Karam

Satpolairud Polres Situbondo Selamatkan Nelayan di Tengah Laut Akibat Kapal Karam

Nelayan yang berhasil diselamatkan Satpolairud Polres Situbondo dan masyarakat.-Biro Situbondo-

SITUBONDO, MEMORANDUM - Satpolairud Polres Situbondo berhasil menyelamatkan 3 nelayan yang mengalami kapal karam dihantam ombak di Perairan Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Sabtu, 9 Maret 2024. 

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Sapu Bersih Sampah Laut

Pencarian nelayan berawal dari laporan pihak keluarga menerima kabar bahwa 3 nelayan yang berangkat melaut sekitar pukul 05.00 WIB dengan menggunakan perahu kayu tanpa nama lambung yang dinakhodai Busali.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo standby-kan Kapal Polisi di Tempat Wisata Pasir Putih

Pada pukul 15.30 WIB, saat akan kembali pulang di Perairan Kalbut  Situbondo tepatnya di koordinat 07° 37' 25'' LS - 114° 0'  51'' BT, kapal yang digunakan korban dihantam ombak dari sebelah kanan sehingga menyebabkan perahu terbalik dan karam. 

BACA JUGA:Nataru, Satpolairud Polres Situbondo Siagakan 5 Kapal

Setelah menerima informasi tersebut, Kasat Polairud AKP Gede Sukarmadiyasa bersama 3 anggota Satpolairud dan masyarakat pesisir Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, melakukan pencarian atau SAR dengan kondisi cuaca di perairan wilayah angin kencang dan gelombang tinggi (cuaca ekstrem). 

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Monitoring Penumpang Kapal di Pelabuhan Jangkar

Dalam kegiatan SAR tersebut, 3 nelayan berhasil diselamatkan yakni Busali (55) nahkoda, Asmojo (60) dan Sadun (50), kemudian dibawa ke rumah masing-masing diberikan bantuan makanan dan minuman untuk memulihkan kesehatan korban. 

Sedangkan korban atas nama Sadun sempat dibawa ke Puskesmas Mangaran untuk dilakukan penanganan kesehatan karena mengalami pingsan serta muntah-muntah yang dimungkinkan banyak minum air laut. 

BACA JUGA:Tim SAR Gabungan Satpolairud Polres Situbondo Selamatkan 3 ABK KLM Tunas Abadi

"Berkat kecepatan informasi dari masyarakat, ketiga nelayan yang kapal yang karam karena dihantam ombak berhasil diselamatkan" terang AKP Gede Sukarmadiyasa. 

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo bersama Tim SAR Evakuasi Awak Servis Boat Karam di Perairan Mangaran

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto SH SIK MH mengimbau masyarakat pesisir pantai dan nelayan yang akan bekerja melaut, mencari ikan/memancing agar lebih berhati-hati karena dapat membahayakan diri sendiri apa lagi faktor cuaca yang tidak menentu dan tentunya tetap membawa alat keselamatan dan alat komunikasi. 

Sumber: