Sambut Pilkada 2024, KPU Gresik Buka Seleksi Anggota Komisioner

Sambut Pilkada 2024, KPU Gresik Buka Seleksi Anggota Komisioner

Rapat Pleno Rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik.-Faishal Danny-

GRESIK, MEMORANDUM - Masa jabatan Komisioner KPU Gresik bakal berakhir pada Juni 2024 mendatang. Untuk menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Tim Seleksi (Timsel) KPU Jatim membuka kesempatan bagi masyarakat Gresik menjadi pihak penyelenggara.

BACA JUGA:Besok, KPU Gresik Berangkatkan Logistik untuk Kepulauan Bawean 

Pendaftaran dibuka sejak Jumat 8 Maret 2024 hingga 19 Maret mendatang. Rekrutmen itu dilakukan untuk memilih lima Komisioner KPU Kabupaten Gresik periode 2024-2029. Sebelum itu, peserta bakal mengikuti serangkaian tahapan seleksi hingga akhir April nanti.

BACA JUGA:Ajak Bacaleg Salat Berjamaah Sebelum Daftar ke KPU, Ini Target Gerindra Gresik

"Seleksi secara bertahap, mulai dari administrasi, tes tulis, psikologi, hingga wawancara," kata Ketua Timsel Provinsi Jatim 3 Sasongko Budisusetyo, Jumat 8 Maret 2024, sore.

Berbagai persyaratan wajib dimiliki oleh para peserta pada saat mendaftar sebagai calon. Khususnya terkait integritas dan independensi agar mampu mengemban tugas selama lima tahun mendatang.

BACA JUGA:PDIP Daftarkan 50 Bacaleg, Ada Nama Mantan Komisioner KPU Gresik

"Salah satunya wajib mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, serta BUMN atau BUMD," terang dia.

BACA JUGA:Daftar Pertama, PKS Bawa 50 Nama Bacaleg ke KPU Gresik 

Pengalaman sebagai penyelenggara Pemilu setidaknya menjadi peluang untuk lolos tahap seleksi. Meski demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi komisioner yang telah dua kali menjabat sebagai anggota KPU.

BACA JUGA:KPU Gresik Sabet Juara Umum Kedua Kategori Penerima Penghargaan Terbanyak Pilkada 2020 

"Baik untuk jabatan yang sama, jabatan yang sama tidak berturut-turut, atau jabatan yang sama di untuk daerah yang sama," ungkap dia.

BACA JUGA:Rekapitulasi PPK Tuntas, KPU Gresik Agendakan Pleno Tingkat Kabupaten 

Sasongko berharap agar masyarakat yang berminat segera mendaftarkan diri. Pasalnya, antuasias masyarakat cukup tinggi. Terlebih, Timsel Provinsi Jatim 3 juga meliputi 6 daerah berbeda. Yakni Gresik, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Tuban dan Surabaya.

BACA JUGA:KPU Gresik Minta Paslon Menonaktifkan Akun Resmi Medsos

"Informasi lebih lanjut bisa diakses pada laman siakba.kpu.go.id. Di sana juga terdapat berbagai syarat pendaftaran yang harus dilengkapi para peserta," pungkas dia. (*)

Sumber: