Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim Kunjungi Redaksi Memorandum

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim Kunjungi Redaksi Memorandum

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim Kunjungi Redaksi Memorandum--

SURABAYA, MEMORANDUM - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur (UPN Jatim) melakukan kunjungan ke kantor redaksi Memorandum di Jalan Ketintang Baru III/91 Surabaya, Kamis 7 Maret 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman langsung kepada mahasiswa tentang dunia jurnalistik dan praktiknya di lapangan.

Rombongan mahasiswa diterima langsung Pemimpin Redaksi (Pemred) Memorandum.co.id Eko Yudiono S. Sos, Pemred Memorandumhajiumrah.com Agus Supriyadi SE serta Sekretaris Redaksi Nadia Rizka Ayu Ningtyas S.S.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Supriyadi menjelaskan awal mula berdirinya Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum hingga kini mempunyai 2 situs berita dan saluran Youtube.

BACA JUGA:Mahasiswa UPN Veteran Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Strategi Pemasaran Digital

"Hingga saat ini SKH Memorandum konsisten mengambil 'genre' hukum dan kriminal, memorandum.co.id memiliki konten yang lebih bervariasi dari edisi cetak, dan memorandumhajiumrah.com fokus pada berita seputar haji, umrah, gaya hidup Islami serta yang berhubungan dengan konten Islami," urai Agus, yang juga merupakan alumnus UPN Veteran Jatim.

Eko Yudiono menambahkan berbagai pengetahuan tentang dasar-dasar jurnalistik, termasuk pentingnya konfirmasi dalam setiap berita. "Berita adalah informasi yang terkonfirmasi. Karena itu, setiap berita wajib ada konfirmasi," ujar Eko.

Dosen pengampu mata kuliah Manajemen Media UPN Veteran Jatim, Hanna Nur Haqiqi, S.lkom, MA, menyampaikan pembelajaran dengan kunjungan media bertujuan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung realita di lapangan serta tantangan yang dihadapi awak media.

BACA JUGA:Kelompok 1 KKN Tematik UPN Veteran Jatim Redesign UMKM Lokal Desa Randuputih

"Harapannya mahasiswa juga punya semangatnya, dapat spiritnya, mahasiswa menyerap semangat-semangat itu sehingga nanti mahasiswa bisa lebih optimis dan punya spirit baru. Setelah lulus, temen-temen (mahasiswa) mengisi ruang media yang ada,” ujar dosen yang akrab disapa Bu Hanna.

Setelah sesi diskusi, mahasiswa diajak berkeliling melihat ruang redaksi dan dapur redaksi SKH Memorandum. Mereka berkesempatan melihat langsung bagaimana proses produksi surat kabar, mulai dari editing hingga layout. (mg/gus)

Sumber: