Pemilu 2024, Demokrat Capai Target Kursi DPRD, PKB Meleset

Pemilu 2024, Demokrat Capai Target Kursi DPRD, PKB Meleset

Gedung DPRD Jombang.-Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Dalam Pemilu 2024 ini, perebutan kursi di DPRD Jombang ada beberapa partai politik yang mencapai target dibanding pemilu lima tahun sebelumnya.

Salah sstunya yakni Partai Demokrat. Partai yang dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini patur bersyukur. Lantaran diprediksi mendapat 6 kursi DPRD Jombang.

Ketua DPC Demokrat Jombang, Syarif Hidayatulloh mengatakan, bahwa satu kursi baru diperoleh caleg M Zahrul Jihat atau Gus Heri dari dapil 1 (daerah pemilihan 1). Dari 6 dapil di Jombang, masing-masing dapat 1 kursi.

"Alhamdulillah, insyaallah Demokrat dapat 6 kursi, sebelumnya hanya 5 kursi. Insyaallah masuk pimpinan DPRD Jombang," kata pria yang akrab dipanggil Gus Sentot ini, Rabu 06 Maret 2024.

BACA JUGA:Komisi C DPRD Jombang Minta Lelang Proyek Infrastruktur Dipercepat

Pengasuh asrama Sulaiman Bilqis, Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memcoblos caleg maupun Partai Demokrat pada Pemilu 14 Februari 2024 kemarin. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi lebih baik lagi.

"Terima kasih juga atas perjuangan teman-teman caleg, seluruh pengurus, kader Partai Demokrat, serta relawan. Mari kita jalankan amanah masyarakat ini dengan baik," tukasnya.  

Berbeda dengan Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ternyata meleset dari target awal yang diharapkan, yaitu sebesar 17 kursi. Namun, PKB juga diprediksi menjadi juara pemilu 2024 di Jombang dengan perolehan 12 kursi legislatif.

Sekretaris DPC PKB Jombang, Anas Burhani menjelaskan, pada pemilu 2019 lalu PKB mendapat 145 ribu suara. Sekarang perkiraan mendapat 180 ribu suara.

BACA JUGA:Paripurna DPRD Jombang Tetapkan APBD Rp 2,8 Triliun

"Ya, tidak sesuai target. Tetapi prediksi memperoleh 12 kursi itu sudah sangat bagus. Perolehan suara juga naik sekitar 20 persen," jelasnya.

Menurut Caleg Dapil 6 ini, melejitnya perolehan suara PKB tidak lepas dari kerja keras para relawan, jajaran pengurus PKB, mulai dari tingkat cabang hingga ranting, serta para calon legislatif. Semua kerja keras untuk mendapatkan suara sebanyak-banyaknya pada pemilu tahun ini.

"Dan alhamdulillah hasil suaranya maksimal," pungkasnya.(yus)

Sumber: