Binmas Polsek Padangan Ajak Siswa SD Stop Bullying

Binmas Polsek Padangan Ajak Siswa SD Stop Bullying

Binmas Polsek Padangan Jajaran Polres Bojonegoro melaksanakan edukasi dan sosialisasi di SDN 01 Padangan -Biro Bojonegoro-

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Dalam upaya aktif untuk mencegah maupun mengatasi kasus bullying di kalangan pelajar, Unit Binmas Polsek Padangan Jajaran Polres Bojonegoro melalui Panit III Binmas Ipda Moch Arsam Halik telah melaksanakan Edukasi dan sosialisasi di SDN 01 Padangan Kabupaten Bojonegoro dengan fokus Cegah bullying melalui pendidikan karakter, Rabu 06 Maret 2024.

Program ini bertujuan untuk membekali siswa dengan nilai-nilai positif serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menghormati dan menghargai sesama.
 
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut , Panit Binmas Ipda Arsam Halik memberikan materi tentang bullying, termasuk definisi, jenis, dan dampaknya terhadap korban.

Panit Binmas juga mengajarkan cara mengenali tindakan bullying serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghentikannya. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa SD agar mereka dapat dengan mudah memahami konsep tersebut.

BACA JUGA:Kapolsek Padangan Cek Jalan Desa yang Putus Tergerus Banjir Bandang
 
Kapolsek Padangan Kompol Hufron Nurrochim. SH. MM menjelaskan bahwa program edukasi dan sosialisasi ini merupakan upaya nyata untuk mencegah sekaligus menanggulangi kasus bullying di tingkat SD.  Menurutnya, pendidikan karakter menjadi pondasi penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa sejak dini. Dengan melibatkan polisi dalam kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menginternalisasi nilai-nilai positif yang dapat membantu mencegah perilaku bullying.
 
Respon terhadap kegiatan sosialisasi ini sangat positif dari para guru, siswa, dan orang tua. Mereka mengapresiasi langkah Polsek Padangan dalam melakukan upaya pencegahan bullying di tingkat SD. Guru-guru berharap agar program ini dapat dilanjutkan secara berkelanjutan dan melibatkan lebih banyak sekolah untuk mencakup lebih banyak siswa.
 
"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, siswa SD dapat lebih peka terhadap tindakan bullying dan memiliki kesiapan dalam menghadapinya," ujar Kapolsek Padangan.(top)

Sumber: