Agar Tetap Sehat Saat Puasa, Ini 6 Tipsnya. Mudah Dilakukan Kok!

Agar Tetap Sehat Saat Puasa, Ini 6 Tipsnya. Mudah Dilakukan Kok!

Puasa Ramadan merupakan momen spiritual yang dinanti-nanti umat Islam. Selain beribadah, puasa juga dapat memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan dengan benar. --

MEMORANDUM - Puasa Ramadan merupakan momen spiritual yang dinanti-nanti umat Islam. Selain beribadah, Puasa juga dapat memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan dengan benar.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa:

1. Perhatikan Pola Makan Sahur dan Berbuka

• Sahur: Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan porsi yang cukup. Pilihlah karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat. Hindari makanan yang terlalu manis atau berlemak.

• Berbuka: Hindari makan berlebihan dan minumlah air putih secara bertahap. Sebaiknya buka puasa dengan kurma, buah-buahan, atau sup. Konsumsi makanan berat setelah beberapa saat.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, terutama saat sahur dan berbuka. Hal ini penting untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang manis atau mengandung kafein.

BACA JUGA:Agar Tidak Merasa Lapar Saat Puasa Ramadan, Ini Tipsnya

BACA JUGA:Manfaat Puasa Senin Kamis : Detoksifikasi Tubuh hingga Meningkatkan Fungsi Otak

3. Tetap Berolahraga

Olahraga ringan selama 30 menit, seperti berjalan kaki atau bersepeda, dapat membantu menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Hindari olahraga berat di siang hari.

4. Istirahat yang Cukup

Tidurlah 7-8 jam per hari untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar. Hindari begadang dan atur waktu tidur yang teratur.

5. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol dapat membahayakan kesehatan dan mengganggu proses puasa.

Sumber: