Jarang Disadari! Setiap 4 Tahun Sekali, Februari Sampai dengan Tanggal 29

Jarang Disadari! Setiap 4 Tahun Sekali, Februari Sampai dengan Tanggal 29

29 Februari--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam kalender tahun 2024, pada bulan februari ada satu hari tambahan, dimana biasanya di bulan Februari memiliki 28 hari, namun pada tahun 2024 bulan februari memiliki 29 hari.

BACA JUGA:Luncurkan Kalender Event 2023, Pertegas Lamongan Destinasi Wisata Favorit

Mengapa ada tanggal 29 Februari pada tahun 2024? simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tanggal 29 Februari terjadi setiap empat tahun sekali yang disebut sebagai tahun kabisat

Tahun kabisat adalah istilah yang digunakan untuk tahun yang mengalami penambahan satu hari, dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi.

Penambahan satu hari ini dilakukan, karena penanggalan yang umum digunakan oleh masyarakat yaitu penanggalan Gregorian, memiliki perbedaan dengan tahun-tahun astronomi yang sebenarnya. 

BACA JUGA:Pemkab Blitar Rilis Kalender Event Tahun 2023

Sejarah penambahan tahun kabisat berasal dari perhitungan Matematika yang diungkapkan oleh Julius Caesar pada tahun 45 SM. 

Ia adalah orang pertama yang menemukan hubungan antara orbit bumi dan matahari, serta menyadari bahwa tahun sebenarnya berjumlah 365,25 hari. Oleh karena itu, untuk menyesuaikan perhitungan penanggalan dengan tahun astronomi, Julius Caesar memutuskan untuk menambahkan satu hari ekstra setiap 4 tahun sekali.

BACA JUGA:Jaring Wisatawan, Disbudpar Jatim Luncurkan 445 Kalender Event

Namun, perhitungan ini masih memiliki kesalahan kecil, sehingga pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII memperbaiki perhitungan tersebut dengan menetapkan aturan tahun kabisat yang kita kenal saat ini. 

Untuk menghitung tahun kabisat dalam penanggalan Gregorian, aturannya adalah setiap tahun yang habis dibagi empat akan dianggap sebagai tahun kabisat.

Sumber: