PLN UIP JBTB Peringati Bulan K3 Nasional dengan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi

PLN UIP JBTB Peringati Bulan K3 Nasional dengan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi

General Manager PLN UIP JBTB, Anang Yahmadi pimpin Apel Bulan K3 Nasional.--

SURABAYA, MEMORANDUM - PT PLN (Persero) UIP JBTB Peringati Bulan K3 Nasional pada tanggal 12 Januari 2024 sampai dengan 12 Februari 2024 sesuai dengan dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 244 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 dengan mengadakan kegiatan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi, dengan mengusung Tema Pokok “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha” dan Sub Tema Korporat PLN Berbudaya K3 untuk Berbudaya K3 Untuk Mewujudkan Aktivitas Ketengalistrikan Yang Aman, Selamat, Sehat dan Berkelanjutan” dan Apel K3 bersama seluruh karyawan dan tenaga alih daya yang dipimpin langsung oleh General Manager PLN UIP JBTB, Anang Yahmadi yang dilaksanakan selama dua hari 06 - 07 Februari 2024.

Dalam rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional ini, PT PLN UIP JBTB bersinergi dan berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Surabaya dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur untuk memberikan Lecturing dan pelatihan simulasi materi bertema K3. 

Acara ini diikuti oleh pegawai PT PLN UIP JBTB, PLN Pusmanpro UMK II, PT PLN (Persero) ICON + SBU Surabaya, pegawai security dan pegawai Tenaga Alih Daya.

General Manager UIP JBTB, Anang Yahmadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Surabaya, Tim Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Surabaya terkait Lecturing Tanggap Darurat dan Penanganan Kecederaan Personal dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur untuk Lecturing Penegakan Disiplin K3.

BACA JUGA:PLN UIP JBTB Rampungkan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan GI 150 kV Bungah dan SKTT 150kV Bungah-Manyar

Pada Apel K3 Bulan Nasional tersebut, Anang Yahmadi juga menyerahkan penghargaan kepada para karyawan atas dedikasinya dan penerapan BUDAYA AKHLAK BUMN dengan baik dan penyerahan hadiah kepada para karyawan pemenang Lomba K3.

Kegiatan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi ini bertujuan agar para pegawai yang tadinya agak lupa seperti diingatkan lagi, lebih siap, lebih paham dan percaya diri lagi untuk dapat mempraktekkan memberikan pertolongan kepada pegawai lainnya apabila ada korban luka disaat terjadi bencana gempa bumi, kebakaran atau ada pegawai yang terkena serangan jantung di saat bekerja,” tegas Anang.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PT PLN UIP JBTB, Eko Rahmiko dalam kesempatan ini juga menyampaikan Board of Directors (BOD) Message dari PT PLN (Persero) yaitu tentang PLN Life Saving Rules sebagai Panduan Perilaku Utama Keselamatan Kerja. PLN Life Saving Rules berisi 10 aturan prinsip – prinsip dasar keselamatan kerja sebagai pedoman dan panduan perilaku utama untuk memastikan keselamatan personel, lingkungan dan asset dalam setiap aktivitas operasional ketenagalistrikan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Drs. Yanu Mardianto, M.Si. menyampaikan bahwa Kegiatan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi yang diberikan kepada pegawai PLN kali ini adalah supaya para pegawai PLN bisa tanggap terhadap bencana yang terjadi, apapun bentuk bencana itu dengan harapan nanti terbentuk orang – orang yang benar – benar paham bagaimana memitigasi bencana yang terjadi di Kota Surabaya khuususnya di Kantor PLN UIP JBTB,” terang Yanu.

BACA JUGA:Sinergi dan Kolaborasi PLN UIP JBTB dengan Mitra Binaan Program TJSL

Kepala Seksi Norma K3 Disnakertrans Provinsi Jawa Timur, Hasan Mangalle, S.T., S.H., M.H., menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN UIP JBTB karena betul – betul mengimplementasikan Peringatan Bulan K3 Nasional dengan dilaksanakannya Apel K3, Kegiatan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi dan lomba – lomba K3. (day)

Sumber: