Inilah 10 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang untuk Dilewatkan

Inilah 10 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang untuk Dilewatkan

kacang hijau--

SURABAYA, MEMORANDUM - Selain diolah menjadi makanan dan minuman, manfaat kacang hijau untuk kesehatan ada beragam.

Berkat berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, kacang hijau mampu menjaga berat badan bahkan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewatkan Berikut Ini 7 Manfaat Labu untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga berat badan
Salah satu manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah menjaga berat badan. Kandungan serat dalam kacang hijau bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga membuat Anda mampu mengontrol nafsu makan.

2. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Manfaat ini turut didukung oleh kandungan pati yang tinggi dalam kacang hijau.

3. Meningkatkan stamina tubuh
Kacang hijau juga dapat menjadi sumber energi karena mengandung karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat yang satu ini akan diolah menjadi pasokan energi untuk tubuh sehingga membuat Anda lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Mengontrol tekanan darah
Antioksidan yang terkandung dalam kacang hijau diketahui dapat menghalangi kinerja enzim angiotensin converting enzyme (ACE). Enzim yang diproduksi oleh tubuh ini mampu meningkatkan tekanan darah.

5. Mengontrol gula darah
Kacang hijau kaya akan polifenol yang dapat mengontrol kadar gula darah. Fungsi polifenol sendiri adalah merangsang hormon insulin untuk bekerja secara efektif dalam mengubah glukosa menjadi energi dan menurunkan resistensi insulin. Hal ini tentunya akan mempertahankan kadar gula darah tetap normal.

6. Mencegah anemia
Manfaat kacang hijau lainnya adalahnya mencegah anemia. Manfaat ini didapat dari berbagai kandungan mineral dalam kacang hijau, seperti zat besi, kalsium, fosfor, natrium, dan juga kalium. Mineral-mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia.

BACA JUGA:Beragam Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan Tubuh

7. Menurunkan kadar kolesterol
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Berkat penelitian inilah kacang hijau juga digadang-gadang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami pada manusia.

8. Menurunkan risiko terkena osteoporosis
Khasiat kacang hijau dalam mencegah osteoporosis berasal dari kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi. Sebuah studi menjelaskan bahwa mengonsumsi magnesium secara teratur dapat menambah kepadatan mineral pada tulang.

9. Menyehatkan janin dan mengurangi risiko komplikasi persalinan
Bagi ibu hamil, mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan folat yang dibutuhkan selama kehamilan.

Sumber: