Mengaku Kehabisan Energi, Klopp Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim

Mengaku Kehabisan Energi, Klopp Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim

Jurgen Klopp menyatakan akan mundur dari pelatih Liverpool di akhir musim.--

INGGRIS-Jurgen Klopp telah mengumumkan akan meninggalkan posisinya sebagai manajer Liverpool pada akhir musim, dengan mengatakan dia "kehabisan energi."

Klopp, 56, telah membawa kesuksesan besar bagi Liverpool setelah tiba di Anfield pada tahun 2015 dan membawa klub tersebut meraih gelar Liga Premier pada tahun 2020 dan Liga Champions pada tahun 2019. 

Namun ini akan menjadi musim terakhirnya sebagai pelatih, dan pada hari Jumat ia mengumumkan bahwa ia meninggalkan Liverpool di akhir musim.

BACA JUGA:Seri Lawan Fulham, Liverpool Jumpa Chelsea di Final Piala Liga

Klopp akan mengambil istirahat dari manajemen dan mengatakan dia tidak akan mengelola klub atau negara setidaknya selama satu tahun. Ia pun menyatakan tidak akan pernah melatih klub lain di Inggris selain Liverpool.

BACA JUGA:Gagal Penalti, Ganti Sepatu, Salah Bawa Liverpool ke Puncak

“Saya dapat memahami bahwa ini merupakan kejutan bagi banyak orang pada saat ini, ketika Anda mendengarnya untuk pertama kali, namun yang jelas saya dapat menjelaskannya, atau setidaknya mencoba menjelaskannya,” kata Klopp dalam pernyataan video yang dirilis oleh Liverpool seperti dilansir ESPN.

Klpoo menambahkan, sangat menyukai segalanya tentang Liverpool. Ia menyukai segala hal termasuk suporter, tim, kota, staf. Tapi Keputusan itu tetap menjadi yang terbaik.

"Itulah saya, bagaimana saya mengatakannya, kehabisan energi. Saya tidak punya masalah sekarang, tentu saja, saya sudah tahu lebih lama bahwa saya harus mengumumkannya suatu saat nanti, tapi saya baik-baik saja sekarang. Saya tahu bahwa saya tidak dapat melakukan pekerjaan itu lagi dan lagi dan lagi dan lagi,” urainya.

Dia menambahkan: "Jika Anda bertanya kepada saya sekarang apakah saya akan pernah melatih lagi, saya akan mengatakan tidak. Tapi Anda tidak tahu pastinya karena saya belum pernah mengalami situasi ini. Tapi saya tahu pasti saya tidak akan pernah melatih klub lain di masa depan. Inggris dibandingkan Liverpool, itu tidak mungkin,” jelasnya. 

Dalam pernyataan emosionalnya, Klopp mengatakan dia berhutang penjelasan kepada pendukung Liverpool mengapa dia mundur sekarang. Dia mengatakan itu adalah keputusan yang sulit tetapi juga merasa "lega" ketika dia mengambil keputusan tersebut, dan mengatakan ini adalah saat yang tepat baginya untuk mencoba "kehidupan normal" dan melihat apakah dia gagal dalam manajemen.

“Akan menyenangkan jika Anda bisa menerima keputusan saya sebagai keputusan yang sulit, tapi keputusan yang tepat,” kata Klopp. 

“Saya sudah memberi tahu klub pada bulan November. Saya harus menjelaskan sedikit bahwa mungkin pekerjaan yang saya lakukan dilihat orang dari luar, saya berada di pinggir lapangan dan dalam sesi latihan dan hal-hal seperti ini, namun sebagian besar hal terjadi di sekitar hal-hal semacam ini. Itu berarti musim dimulai dan Anda sudah merencanakan musim berikutnya,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: