Antisipasi Banjir, Saluran Permukiman RW 4 dan 5 Wonokusumo Dinormalisasi

Antisipasi Banjir, Saluran Permukiman RW 4 dan 5 Wonokusumo Dinormalisasi

Satgas dari Kecamatan Semampir gotong royong mengangkut endapan lumpur.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebanyak 10 orang satuan tugas (satgas) dari Kecamatan Semampir diterjunkan untuk melakukan normalisasi saluran di wilayah RW 4 dan 5, Kelurahan Wonokusumo, Kamis, 25 Januari 2024.

Abdul Wahid, ketua satgas mengatakan, normalisasi tersebut dilakukan berdasarkan permintaan warga melalui aplikasi Sapa Warga. Tujuannya agar tidak terjadi banjir di permukiman warga selama musim penghujan.

"Sejak Senin kemarin, kira-kira sudah sepanjang 150 meter saluran yang kita lakukan normalisasi secara manual. Kita siapkan 500 karung untuk mengangkut endapan lumpur," kata Abdul ditemui di lokasi.

Dalam normalisasi kali ini, satgas diminta untuk memastikan aliran air di saluran kembali mengalir ke sungai besar. Sebab berdasarkan keluhan warga, air di saluran berhenti. Tidak jalan. Sehingga warga khawatir tatkala hujan deras, maka dilanda banjir.

BACA JUGA:Respon Keluhan Warga Medokan Ayu, Dinas PUSDABM Surabaya Lakukan Normalisasi Saluran Air

"Setelah kita kerja beberapa hari ini, ternyata ada titik saluran yang diuruk total sama warga. Ini tentu menyulitkan. Karena itu, kita imbau agar warga tidak menguruk saluran yang ada di depan rumahnya," tegas Abdul.

Pengerjaan normalisasi ini ditarget rampung seminggu. Titik pertama yang dikerjakan yakni, di Jalan Bulak Rukem 7. Setelah rampung, selanjutnya satgas akan membereskan saluran di Jalan Mrutu Kalianyar 2.

"Setelah dari sini (RW 4 dan 5), kita akan lanjut ke kampung berikutnya. Sebab kita digilir 1 minggu, 1 kelurahan," tandas Abdul. (bin)

Sumber: