Harga Bahan Pokok di Surabaya Merangkak Naik

Harga Bahan Pokok di Surabaya Merangkak Naik

Pedagang sayur di Pasar Keputran. --

SJRABAYA, MEMORANDUM-Harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional dan pasar tumpah di Kota Surabaya merangkak naik. Kenaikan harga ini terjadi pada berbagai komoditas, termasuk cabe, bawang putih, bawang merah, beras, telur, minyak goreng, dan gula.

Berdasarkan penelusuran Memorandum di Pasar Keputran Utara pada Rabu (24/1/2024) pagi kebutuhan bahan pokok seperti cabe, bawang putih, bawang merah mengalami kenaikan harga. Untuk cabe rawit yang semula diharga Rp 20 ribu per kilo, kini berubah menjadi Rp 25 sampai Rp 26.

"Harga cabe acar (cabe hijau kecil) juga naik, sebelumnya Rp 18 sekarang Rp 23 per kilo. Untuk cabe merah besar Rp 50 menjadi Rp 60 sampai Rp 65 per kilo, " kata Yanto ditemui di lapaknya Pasar Keputran Utara. 

BACA JUGA:Kaca Mobil Dipecah, Warga Surabaya Kehilangan Uang Rp 100 Juta

Kenaikan harga bahan pokok ini disinyalir karena beberapa faktor. Antara lain berakhirnya masa panen raya di sejumlah daerah membuat pasokan cabe di tingkat petani berkurang. 

BACA JUGA:Ini Pengakuan Calon Suami Ibu Aniaya Anak di Surabaya: Terapkan Disiplin kepada Korban

"Kondisi cuaca yang sedang memasuki musim hujan di beberapa wilayah juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas panen selanjutnya. Sementara itu kebutuhan cabe di masyarakat cukup meningkat. Ini membuat harga cabe naik, " ujar pria asal Blora, Jawa Tengah ini. 

Yanto menjelaskan bahwa cabe yang ia jual didatangkan langsung dari petani di daerah penghasil cabe terbesar di Jatim. 

"Langsung dikirim dari Probolinggo, Lumajang. Stoknya tidak terlalu banyak, apalagi ini akhir panen raya. Jadi harga cabe juga naik tergantung karena cuaca juga. Apalagi kondisi saat ini hujan terus, " ujarnya. 

Hal yang sama juga diungkapkan Umi pedagang di lantai 1 Pasar Keputran Utara, selain cabe kenaikan juga dialami bawang putih dan bawang merah. 

"Bawang putih kating diharga Rp 37 per kilo, untuk bawang putih biasa Rp 32 dan bawang merah Rp 18 per kilo, " jelasnya. 

Sementara Damiasih pemilik toko kelontong mengungkapkan harga beras kembali mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir.terakhir

"Beras kualitas biasa sekarang di harga Rp 11 sampai Rp 12 per kilo. Harga beras kualitas super di harga Rp 17 per kilo. Setiap hari naik 500 rupiah. Kenaikan bertahap, " ujarnya. 

Hal yang sama juga terjadi pada telor ayam horen. Harga per kilo telor Rp 25 kini menjadi Rp 27 per kilo. 

Sumber: