Ternyata Labu Siam Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Ternyata Labu Siam Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan, Berikut Penjelasannya

labu siam--

SURABAYA, MEMORANDUM - Labu siam mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita, dimana kerap digunakan sebagai campuran sayur atau lalapan. Namun, siapa sangka jikalabu siam ternyata bermanfaat bagi kesehatan. 

Dimana buah yang sering dianggap sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker.

BACA JUGA:Khasiat Labu Siam untuk Kolesterol hingga Anemia

Labu siam sendiri memiliki bentuk yang menyerupai buah pir, dengan kulit buah berwarna hijau muda dan sedikit berkeriput. 

Selain sebagai campuran sayur dan lauk, tanaman dengan nama latin Sechium edule ini juga dapat dikonsumsi langsung setelah dicuci.

Labu siam diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, folat, serta beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, dan fosfor.

BACA JUGA:Selain Diet, Konsumsi Juga Sayuran Ini Untuk Bakar Lemak Perut

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat labu siam untuk kesehatan yang dapat diperoleh, di antaranya:

1. Melancarkan pencernaan

Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar.

2. Menurunkan kadar asam urat

Sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, seperti labu siam, dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Meski demikian, manfaat labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sumber: