Sarana Belajar Bahasa Inggris di Kampung, Anak-anak Embong Blimbing Antusias Ikuti English Day

Sarana Belajar Bahasa Inggris di Kampung, Anak-anak Embong Blimbing Antusias Ikuti English Day

Keseruan program English Day di Balai RW 8, Embong Blimbing, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, bersama Ir Arief Sosiawan MM, caleg Hanura dari dapil 1 nomor urut 4.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Puluhan anak-anak RW 8, Embong Blimbing, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, tampak antusias mengikuti English Day yang digelar di Balai RW 8, Kamis, 18 Januari 2024 malam.

Tak sendiri, anak-anak yang berstatus pelajar SD dan SMP ini turut ditemani oleh orang tua masing-masing.

Program English Day di RW 8, Embong Blimbing, telah berlangsung selama sebulan. Inisiatornya ketua RW 8 Tomyx Prasetyo. Program ini tak terlepas dari support penuh Ir Arief Sosiawan MM, caleg Hanura dari dapil 1 nomor urut 4.

Tomyx menjelaskan, program ini diinisiasi berangkat dari keinginannya agar anak-anak setempat cakap berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Sebab menghadapi tantangan dunia kerja masa mendatang, bahasa Inggris menjadi keterampilan yang wajib dikantongi.

"Program ini dilaksanakan karena saya melihat betapa pentingnya bahasa Inggris untuk mereka ke depan. Karena saat bekerja nanti, dibutuhkan kemampuan tersebut. Sehingga anak-anak tetap mencintai bahasa Indonesia namun dibarengi bahasa Inggris sebagai kebutuhan," katanya.

Pihaknya lantas mengapresiasi kehadiran Ir Arief Sosiawan MM dalam program ini. Caleg Hanura itu disebut sejak awal sangat antusias dan bersedia mendukung penuh English Day. Bahkan mendorong agar English Day jadi program pemkot untuk setiap kampung yang ada di Surabaya. 

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Arief karena telah mendukung program ini. Nantinya English Day akan berkepanjangan. Bahkan ibu-ibu juga minta untuk diajarkan bahasa Inggris di samping membuat kelas tersendiri bagi siswa SMP. Kemudian setelah lebaran, InsyaAllah akan dilanjut dengan program pendidikan yang lain," beber Tomyx.

Sementara itu, ketua Tim AKAS (Arief Sosiawan Kanggo Arek Suroboyo), Dwi Agus Indarto, merespons positif antusiasme warga RW 8, Embong Blimbing dalam program ini. Karena itu, pihaknya memastikan bahwa program English Day akan terus berjalan secara kontinyu.

"Terima kasih kepada ibu-ibu yang turut aktif mengajak anak-anaknya belajar bahasa Inggris. Nah, program Pak RW ini amat sangat bagus dan harus dipertahankan terus menerus, di-action sampai adik-adik dewasa sehingga siap menghadapi pasar global 4.0. Semoga ibu-ibu tidak bosen dan adik-adik tetap semangat dalam belajar," tutur Agus.

Dijelaskan Agus, English Day digelar 2 hari dalam sepekan. Yakni, pada hari Selasa dan Kamis. Saat ini sudah ada dua titik lokasi kegiatan English Day. Selain di RW 8 Embong Blimbing, kegiatan juga dihelat di RT 6 Mojo.

Semula target program ini adalah 15 anak. Namun ternyata tembus 25-an di tiap titik. Rupanya masyarakat antusias. Terutama orang tua yang memang mendukung program ini terlaksana maksimal.

Adapun pengajar yang dilibatkan merupakan sosok muda namun berpengalaman di bidangnya. Yakni, Gagas Refiandy dan Aurelia Zahra. 

Gagas merupakan alumni SMA Muhammadiyah Surabaya. Ia sering mengikuti lomba bahasa Inggris. Hasilnya, Gagas berhasil meraih juara kategori story telling se-Jatim. Lalu juara menulis essay berbahasa Inggris di tingkat nasional. 

Sumber: