Puluhan Massa Geruduk Kantor BPN Surabaya, Sampaikan 3 Tuntutan

Puluhan Massa Geruduk Kantor BPN Surabaya, Sampaikan 3 Tuntutan

Puluhan buruh berorasi di depan Kantor Pertanahan Surabaya II di Jalan Krembangan Barat nomor 57. --

SURABAYA, MEMORANDUM-Meski di bawah guyuran hujan, tidak menyurutkan puluhan massa aksi dari Partai Buruh untuk menggeruduk Kantor Pertanahan (BPN) SURABAYA II, beralamat di Jalan Krembangan Barat No. 57, untuk menuntut hak kepemilikan tanah Surat Ijo, Kamis, 18 Januari 2024.

Massa aksi menggelar aksi dan melakukan orasi untuk menyampaikan tuntutannya. Sebelum ke kantor BPN, mereka sebelumnya berkumpul di Taman Apsari Jalan Gubernur Suryo pukul 12.00. 

Kemudian massa mulai bergerak menuju Kantor Pertanahan Surabaya II sekitar pukul 14.00, dengan naik mobil komando untuk Koordinator berorasi menyampaikan tuntutannya. Dengan adanya aksi ini, pihak kepolisian untuk sementara waktu menutup Jalan Krembangan Barat. 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Tiba di Sidoarjo, Siap Dampingi Presiden Joko Widodo Bagikan Sertifikat

Nurudim Hidayat Ketua Exco Partai Buruh Kota Surabaya menyatakan, bersamaan dengan aksi kali ini, pihaknya juga mendaftarkan satu orang warga Surabaya yang belum memiliki Izin Pemakaian Tanah (IPT) ke Kantor Pertanahan II.

BACA JUGA:Ini Prestasi Kakanwil BPN Jatim sebelum Dapat Posisi Staf Ahli Menteri

"Mendaftarkan satu orang perwakilan warga yang belum IPT, yang belum Surat Ijo. Masalahnya mereka (kantor pertanahan) nolak, padahal berkas administrasi sudah dilengkapi. Kami minta alasan tertulisnya kenapa menolak. Kami akan menduduki di sini sampai surat tertulisnya keluar dari kantor pertanahan," kata Nurudin.

Adapun tuntutan dari Partai Buruh dan warga kepada BPN dan Pemkot Surabaya,  antara lain1. Jangan ada diskriminasi terhadap warga kota Surabaya yang ingin mendaftarkan hak atas tanah. 2. Terima pendaftaran hak atas tanah warga Kota Surabaya yang akan mengajukan

bersamaan dengan aksi demonstrasi. 3. Cabut dan batalkan pemberian SK HPL yang tidak dilaksanakan sesuai dengan substansi dari SK HPLnya.(rio)

Sumber: