Polres Pasuruan Peringati Hari Kesadaran Nasional

Polres Pasuruan Peringati Hari Kesadaran Nasional

Kapoles Pasuruan AKBP Bayu Pratama selaku inspektur upacara memberikan hormat kepada Sang Saka Merah Putih saat memperingati Hari Kesadaran Nasional.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Selama ini kita belum familiar dengan Hari yang satu ini. Namanya Hari Kesadaran Nasional (HKN). Namun bagi keluarga besar kepolisian, termasuk Polres PASURUAN, HKN diperingati tiap tahun. Termasuk pada Rabu 17 Januari 2024.

Kepolisian Resor Pasuruan melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kesadaran Nasional tersebut. 

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi selaku Inspektur upacara. Upacara dipusatkan di lapangan apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan. Upacara tersebut diikuti oleh PJU, Kapolsek jajaran, Perwira Polres Pasuruan, serta seluruh anggota Polri dan PNS di lingkungan Polres Pasuruan.

Kapolres Pasuruan saat membacakan amanat Kapolda Jatim, Irjenpol Imam Sugianto mengatakan, upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) memiliki makna yang sangat penting. Selain sebagai sarana untuk memupuk kesadaran dan loyalitas kepada bangsa dan negara, juga untuk memupuk jiwa disiplin bagi seluruh anggota dan PNS Polri.

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Tinjau Gudang Logistik Pemilu 2024

"Tak hanya itu, dalam momen upacara ini juga dapat kita manfaatkan untuk menyampaikan analisa dan evaluasi (Anev) terhadap situasi Kamtibmas maupun rencana kegiatan yang akan kita hadapi ke depan khususnya dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata Semeru 2024," tegasnya.

Amanat Kapolda Jatim yang dibacakan melalui AKBP Bayu juga memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personil kepolisian. Terutama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, sehingga sampai dengan saat ini situasi wilayah Jawa Timur tetap aman dan kondusif. Meskipun masih ada beberapa permasalahan di tengah tengah masyarakat, namun masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

"Saat ini dan ke depan masih banyak agenda nasional yang akan kita hadapi bersama. Mengingat tahun ini merupakan tahun politik. Pihak Polri harus lebih Siap serta lebih awal dalam mengantisipasi Pemilu 2024, mulai dari rencana pengamanan, tahapan Pemilu, mengoptimalkan fungsi preemtif, preventif dan juga penegakkan hukum," lanjut Kapolres.

Kapolres juga meminta agar para personel yang melaksanakan tugas, baik di pelayanan dalam mako maupun di lapangan agar tetap mengutamakan sikap humanis kepada masyarakat. "Tetap laksanakan tugas secara Profesional dan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), utamakan sikap Humanis terhadap masyarakat. Hindari sekecil apapun bentuk pelanggaran dari anggota Polri," tegasnya. (mh)

Sumber: