Deretan Letusan Terdahsyat Gunung Semeru Sejak Tahun 1818

Deretan Letusan Terdahsyat Gunung Semeru Sejak Tahun 1818

-Ilustrasi-

LUMAJANG, MEMORANDUM - Gunung Semeru kembali menyemburkan abu tebal, Senin, 15 Januari 2024. Bahkan, hari ini berdasarkan observasi visual dari CCTV di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, mengalami empat kali letusan dengan tinggi mencapai 1.000 meter. Tersisa materi erupsi yang menumpuk di bibir kawah Jonggring Saloko.

BACA JUGA:Gunung Semeru Meletus 4 Kali, Semburkan Abu Setinggi 1.000 Meter

Menurut laporan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pantau Gunung Semeru, dalam 6 jam terakhir terjadi empat letusan dengan kolom abu setinggi 400-1.000 meter, berwarna putih kelabu condong ke timur laut. 

BACA JUGA:Gunung Semeru Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 1,5 Km

Gunung berketinggian 3.676 mdpl ini bertipe vulkanian dan strombolian diketahui merupakan gunung bertipe strato. Puncak tertingginya ialah Mahameru, yang di dalamnya terdapat kawah Jonggring Seloko di sebelah tenggara puncak. Kawah Jonggring Seloko terbentuk sejak 1912. 

Melihat ke belakang, ada sejumlah letusan dahsyat Gunung Semeru yang diawali pada 1818. Tepatnya, 8 November 1818.  

BACA JUGA:Gunung Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Minta BPBD Lakukan Evakuasi

Berikut sejumlah letusan dahsyat Gunung Semeru: 

BACA JUGA:Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran

Letusan pertama 

Gunung yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh para pendaki ini kali pertama meletus sekitar 200 tahun lalu. Atau tepatnya 8 November 1818. 

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung Tinjau Langsung Awan Panas Guguran Gunung Semeru

2 Februari 1994 

Pada tahun itu, tercatat ada 9 kali letusan. Letusan ini menimbulkan asap putih tebal dengan ketinggian 500 meter. Selain asap putih, terjadi 34 kali guguran lava ke arah Besuk Kembar sejauh 1 km. 

Sumber: