Jarang Diketahui, Inilah 12 Jenis Makanan Penambah Darah

Jarang Diketahui, Inilah 12 Jenis Makanan Penambah Darah

Menu Makanan Sehat untuk Menambah Asupan Sayuran Daun-Daunan Hijau dan Buah Bervitamin C-Unsplash-

SURABAYA, MEMORANDUM - Penurunan sel darah merah dalam tubuh terjadi karena kurangnya asupan zat besi. Masalah kesehatan yang memiliki istilah medis anemia ini membuat tubuh mudah lelah dan kulit serta wajah terlihat pucat. 

Salah satu cara mengatasi masalah ini yaitu mengonsumsi makanan penambah darah yang tinggi zat besi. 

BACA JUGA:Inilah 4 Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Berikut ini Jenis Makanan Penambah Darah, Bantu Mencegah Anemia :

1. Daging merah dan unggas

Dalam 100 gram daging merah seperti daging sapi dan kambing mengandung 2,7 miligram zat besi. Jumlah ini sudah memenuhi 15 persen dari total asupan harian tubuh. 

2. Jeroan

Bagian dalam hewan atau jeroan seperti hati, jantung, dan otak juga kaya akan zat besi. Faktanya, 100 gram hati sapi mengandung 6,5 miligram zat besi. Angka ini sudah memenuhi 36 persen asupan harian tubuh. 

3. Tiram

Makanan penambah darah untuk mencegah anemia selanjutnya adalah tiram. Dalam 100 gram tiram mengandung zat besi sebesar 28 miligram atau sekitar 155 persen dari asupan harian tubuh. 

BACA JUGA:7 Menu Makanan Tinggi Protein untuk Meningkatkan Massa Otot dan Memperkuat Tubuh

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung zat gizi tinggi adalah buncis, lentil, kacang polong, dan kedelai. Dalam satu cangkir berukuran 198 gram makanan penambah darah ini mengandung sekitar 6,6 miligram zat besi.

5. Sayuran berdaun gelap untuk makanan penambah darah

Selanjutnya, sayuran berdaun gelap seperti bayam dan brokoli juga mengandung tinggi zat besi. Namun, sebelum mengonsumsinya, sebaiknya kamu mencuci dan mengolah sayuran tersebut hingga matang.

6. Makanan tinggi asam folat

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Asupan asam folat dapat yang tidak terpenuhi bisa menyebabkan penurunan kadar hemoglobin.

BACA JUGA:Rekomendasi Menu Makanan Sehat untuk Menambah Asupan Sayuran Daun-Daunan Hijau dan Buah Bervitamin C

7. Buah delima untuk makanan penambah darah

Buah delima adalah makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Manfaat ini berkat kandungan antioksidan polifenol dan nitrat yang merupakan vasodilator yang kuat. Ini artinya, mengonsumsi buah delima atau berupa suplemen dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke jaringan pembuluh darah.

8. Kurma

Makanan penambah darah selanjutnya adalah kurma. Buah kering dengan rasa manis ini mengandung tinggi zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. 

9. Akar bit

Bit adalah tak hanya mengandung tinggi zat besi, tetapi juga kaya akan asam folat, potasium, dan serat. Mengonsumsi jus bit setiap hari dapat membantu menjaga jumlah sel darah merah dalam tubuh

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

BACA JUGA:Butuh Mood Booster ? Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Suasana Hati

10. Biji labu untuk makanan penambah darah

Biji labu merupakan makanan penambah darah selanjutnya yang sangat mudah kamu dapatkan. Makanan ini mengandung sekitar 8 miligram zat besi, kalsium, magnesium, dan mangan.

Sumber: