Jarang Disadari, Inilah 5 Minuman Tinggi Kalori

Jarang Disadari, Inilah 5 Minuman Tinggi Kalori

Ilustrasi minuman tinggi kalori--

SURABAYA, MEMORANDUM - Minuman tinggi kalori diperlukan untuk menambah berat badan atau energi. Namun, bagi sebagian lainnya, jenis minuman ini harus dihindari untuk mempertahankan berat badan yang sehat. 

Meski tinggi kalori, tak selamanya minuman ini berdampak buruk untuk kesehatan. Bisa jadi, minuman tinggi kalori tetap dibutuhkan oleh orang-orang dengan kondisi tertentu, misalnya pasien kanker, yang membutuhkan lebih banyak nutrisi agar tubuhnya tetap berenergi.

BACA JUGA:Jarang Disadari! Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Dapat Mengatasi Kram

Berikut Ragam Minuman Tinggi Kalori

1. Es teh manis

Bagi sebagian orang, makan makanan utama tak lengkap tanpa minum es teh manis. Meski nikmat, kandungan kalori dalam minuman ini bisa mencapai 90 kalori per gelasnya. Jumlah kalori ini bisa meningkat tergantung seberapa banyak gula yang ditambahkan.

2. Cokelat hangat

Minuman tinggi kalori selanjutnya yakni cokelat hangat karena dalam 1 gelas cokelat panas saja bisa mengandung 90 kalori. 

BACA JUGA:Delima: Buah Super yang Mencegah Penuaan Dini dan Melindungi dari Radikal Bebas

3. Kopi susu

Sebenarnya, kopi bisa dikatakan tidak mengandung kalori. Namun, kalau sudah diolah menjadi kopi susu, minuman ini menjadi tinggi kalori karena mengandung karbohidrat, protein, serta lemak dari gula dan susu. 

Nah, kalori kopi susu berkisar 50–130 kalori, tergantung banyaknya gula dan jenis susu yang ditambahkan.

4. Minuman bersoda

Dalam satu kaleng minuman bersoda ukuran 350 ml, kandungan kalorinya bisa mencapai 120–190 kalori. Sama seperti es teh manis, gula merupakan penyumbang kalori terbesar dari minuman bersoda.

BACA JUGA:6 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Tubuh

5. Jus alpukat

Banyak yang tidak menyadari bahwa jus alpukat tergolong minuman tinggi kalori. Buah alpukat sebenarnya kaya akan lemak sehat. 

Namun, lemak inilah yang menjadi penyumbang terbesar kalori jus alpukat. Satu buah ukuran sedang saja bisa mengandung 200–300 kalori.

Sumber: